PN Redelong Resmi Beroperasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PN Redelong Resmi Beroperasi

Foto PN Redelong Resmi Beroperasi

* Setelah Delapan Tahun Diusulkan

REDELONG – Pengadilan Negeri (PN) Simpang Tiga Redelong, Kabupaten Bener Meriah resmi beroperasi mulai Rabu (30/3). Gedung tempat mencari keadilan hukum atau juga menghukum para kriminal, termasuk kerah putih telah diusulkan sejak delapan tahun lalu atau 2008, tetapi seiring pembangunan secara bertahap, maka baru dapat digunakan pada tahun ini.

Kantor PN itu terdapat di Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam dan diresmikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi/Tipikor Aceh, H Chaidir SH MH, kemarin. Hampir seluruh kepala PN di Aceh ikut hadir, selain para pejabat Pemkab Bener Meriah dan Aceh Tengah, tetapi tidak ada pemimpin kedua kabupaten bertetangga itu, karena memiliki kesibukan lain.

Dilaporkan, Plt Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh menyerahkan Laporan Keuangan (LK) 2015 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Aceh. Penyerahan itu diterima langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Aceh, Maman Abdulrachman di aula kantor BPK Banda Aceh, Rabu (30/3).

Sedangkan Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM menyerahkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak secara e-filing kepada Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Takengon, Hadisman di Oproom Setdakab Rabu (30/3). Penyerahan SPT tersebut disaksikan oleh Sekda Karimansyah I SE MM, para staf ahli, asisten, serta Kepala SKPK.

Ketua PN Simpang Tiga Redelong, Azhari SH MH mengatakan Kantor PN Simpang Tiga Redelong sudah mulai berfungsi. Dia mengungkapkan, setelah melewati beberapa tahapan selama delapan tahun, seusai mendapat bantuan Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam upaya menegakkan supremasi hukum di wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Azhari menegaskan operasional PN Simpang Tiga Redelong untuk memberi pelayanan hukum dengan maksimal di daerah ini. “Patut juga kami sampaikan terima kasih kepada Pemkab Bener Meriah yang telah menempatkan sejumlah tenaga untuk menutupi kekurangan sumber daya manusia (SDM) di PN ini,” jelasnya.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Bener Meriah, Khairun Aksa SE MM menyebutkan pihaknya juga berharap kehadiran Kantor PN Simpang Tiga Redelong, sebagai wujud kedaulatan hukum masyarakat Kabupaten Bener Meriah. “Kita berharap kemitraan yang dibagun selama ini dapat terus berjalan dengan baik dan dapat menciptakan keadilan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketua Pengadilan Tinggi/Tipikor Aceh, H Chaidir SH MH, meminta kepada jajaran Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. “Kantor yang baik bukan terlihat dari bagunan yang megah, tapi juga mampu menciptakan transparansi hukum kepada seluruh lapisan masyarakat,” sebutnya.

Menurutnya, selama ini lebih dari 60 persen kasus pidana umum yang disidangkan di Pengadilan Negeri Takengon berasal dari Kabupaten Bener Meriah. “Diharapkan dengan beroperasinya Kantor PN Simpang Tiga Redelong, maka layanan hukum dan proses hukum yang dialami oleh masyarakat Kabupaten Bener Meriah dapat lebih terjangkau,” harap Chaidir.(my) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id