Napi Kabur dari LP Ditangkap Saat Nyabu | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Napi Kabur dari LP Ditangkap Saat Nyabu

Foto Napi Kabur dari LP Ditangkap Saat Nyabu

* Lari pada 14 Januari 2013

BANDA ACEH – Personel Satuan Narkoba Polresta Banda Aceh, menangkap dua pengguna sabu-sabu dari lokasi berbeda, Senin (28/3). Satu dari ke dua penyabu itu ternyata narapidana (napi) yang kabur dari Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II A Banda Aceh pada 14 Januari 2013 lalu, yakni Harly Chandra Oscar (30) warga Panteriek Kecamatan Luengbata, Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Zulkifli SStMk SH melalui Kasat Narkoba Kompol Nazril mengatakan, Harly Chandra Oskar yang berstatus napi narkoba yang ditangkap 7 Januari 2012 lalu itu, kabur dari LP Banda Aceh, setelah menggergaji pintu besi kamarnya. “Putusan terhadap pelaku yang terlibat sabu-sabu waktu itu, 5 tahun 6 bulan. Tapi, baru setahun menjalani hukuman, tanggal 14 Januari 2013 sekitar pukul 04.00 WIB dini hari, Harly Chandra Oscar melarikan diri LP dengan cara menggergaji pintu besi kamarnya,” kata Nazril, kepada Serambi, Selasa (29/3).

Ia menjelaskan Harly Chandra yang telah lama dicari dan masuk dalam target daftar pencarian orang (DPO), akhirnya tertangkap Senin 28 Maret 2016, sekitar pukul 23.30 WIB, dari sebuah rumah kontrakan di kawasan Simpang Surabaya, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. “Pelaku yang selama ini masih menggunakan sabu, ditangkap bersama sejumlah barang bukti, di antaranya satu buah bong lengkap yang terbuat dari kaca, dua buah kaca pirex, satu buah mancis merah yang digunakan sebagai kompor, serta satu buah plastik bekas sabu,” kata Nazril.

Pelaku kini ditahan di Mapolresta Banda Aceh dan masih diminta keterangannya. “ Napi Harly Chandra Oscar akan diserahkan ke Ditreskrimum Polda Aceh untuk diperiksa terkait pelarian dari LP itu,” ujar Kompol Nazril. Menurut infomasi yang berkembang ada indikasi suksesnya pengedar sabu-sabu itu kabur karena ada keterlibatan orang dalam LP.

Kasat Narkoba Polresta ini menyebutkan, pada hari yang sama yaitu Senin (28/3), personel Narkoba Polresta juga menangkap seorang bandar sabu, Muhammad Nazar (46) warga Gampong Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. Polisi menemukan satu timbangan sabu elektrik, di samping satu botol warna bening yang berisi 4 bungkus plastik berisi sabu. Kemudian, lanjut Nazril, dari lokasi penggerebekan, ditemukan tiga buah potongan plastik warna bening bekas sisa sabu dan 69 potong plastik warna bening serta 4 buah kaca pirex, sebuah hp. “Muhammad Nazar ditangkap hasil pengembangan dari para tersangka pengguna sabu yang telah ditangkap sebelumnya,” demikian Kompol Nazril.(mir) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id