Disdik Minta PLN tak Matikan Listrik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Disdik Minta PLN tak Matikan Listrik

Foto Disdik Minta PLN tak Matikan Listrik

* Saat Berlangsng UNBK 4 April

BLANGPIDIE – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Blangpidie agar tidak mematikan listrik saat berlangsung ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 4 April 2016. Pengalaman UNBK tahun 2015 lalu, ada sejumlah sekolah yang mendapat pemadaman listrik, sehingga proses ujian terganggu.

“Kita meminta PLN untuk siap dan memperhatikan hal tersebut. Sehingga tidak merugikan siswa yang mengikuti ujian. Karena, sistem ujian ini dilakukan paket, jika listrik padam 15 menit, harus dilanjutkan ke tahap berikutnya, apalagi matinya lebih dari 15 menit,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat Yusnaidi kepada Serambi seusai menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah kepala SMA, Selasa (29/3). Dia juga meminta kepala sekolah bekerja sama dengan pihak PLN untuk mengecek ulang sejumlah perangkat dan aliran listrik di masing-masing sekolah, khususnya untuk komputer. Sehingga tidak terjadi persoalan saat ujian berlangsung. Menurut data siswa yang mengikuti Ujian Nasional di Aceh Barat 1922 siswa. Namun, tim seleksi dan verifikasi dari pusat dan provinsi, menyatakan yang layak untuk mengikuti UNBK tahun 2016 hanya enam sekolah atau 919 siswa. “Sedangkan yang lain tidak dilakukan UNBK,” terangnya.

Adapun sekolah yang mengikuti UNBK di Abdya masing-masing, SMA 1 Abdya (Blangpidie), SMA 2 Abdya (Manggeng), SMA 7 Abdya (Babahrot), SMA Unggul Harapan Persada, SMA Unggul Tunas Bangsa dan SMKN 1 Abdya.

Sekretaris Daerah Abdya Ramli Bahar meminta kepala sekolah dan PLN segera turun lapangan melakukan survei ke sekolah menjelang ujian.

“Selain PLN, operator komputer di sekolah juga harus siaga. Jangan sampai mereka tidak siap. Saya meminta pelaksanaan UNBK ini harus betul-betul matang, jangan sempat ada gangguan di tengah jalan, apalagi kesalahan dari pihak sekolah, tentu ini sangat berbahaya, untuk itu kepala sekolah harus mengecek langsung ke lapangan,” ujar mantan Kepala Sekolah ini.

Sementara itu Supervisor Teknisi PLN Rayon Blangpidie, M Danil berjanji akan bekerja maksimal agar tidak ada pemadaman listrik saat pelaksanaan UNBK 2016, terlebih UNBK yang dilaksanakan setiap tahun merupakan program nasional.(c50) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id