Warga Alue Deah Teungoh Dilatih Daur Sampah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Alue Deah Teungoh Dilatih Daur Sampah

Foto Warga Alue Deah Teungoh Dilatih Daur Sampah

BANDA ACEH – Sebanyak 25 ibu-ibu warga Alue Deah Teungoh dan Gampong Tibang, Kecamatan Meuraxsa, Banda Aceh, Senin (28/3) di Gedung Escape Building desa setempat mengikuti diskusi dan pelatihan daur ulang sampah plastik. Pelatihan itu digagas komunitas pencinta lingkungan, Sahabat Hijau dan Comu Project bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh, Ir Jalaluddin MT kepada Serambi Senin (28/3) mengatakan, kegiatan tersebut selain mengurangi dampak sampah plastik juga meningkatkan kreativitas ibu-ibu di kawasan itu.

“Sampah bungkusan makanan ringan berbahan plastik dapat bernilai ekonomis jika dijadikan produk seperti tas, map, dompet, dan lain-lain. Itu yang sedang kami lakukan selama 1 bulan ke depan dengan melibatkan ibu-ibu di Alue Deah Teungoh ini,” kata Jalaluddin.

Menurutnya, DK3 Banda Aceh terus mengedukasi masyarakat tentang hidup sehat melalui kampanye kesehatan, gotong royong di sepanjang pantai, dan pemberlakuan kantong plastik berbayar untuk mengurangi limbah plastik di Banda Aceh. “Ibu-ibu yang dilatih ini selanjutnya dapat mengajari masyarakat lainnya untuk membuat keterampilan berbahan plastik bekas,” ujarnya.

Acara yang berlangsung sehari itu dibuka Kabid Persampahan DK3 Banda Aceh, Mirzayanto ST yang juga menjadi narasumber dalam diskusi. Dia mengatakan, Gampong Alue Dayah Teungoh dapat menjadi model gampong daur ulang sampah di Banda Aceh. “Gampong ini sudah memulai langkah baik dengan memilah sampah dalam 6 bulan terakhir. Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, kami optimis kita mampu menuju Banda Aceh bebas sampah 2020,” demikian Mirzayanto.(fit) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id