PLN Anjurkan Sekolah Sediakan UPS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PLN Anjurkan Sekolah Sediakan UPS

Foto PLN Anjurkan Sekolah Sediakan UPS

* Jelang UNBK

BANDA ACEH – Pihak PLN Wilayah Aceh menyatakan akan berupaya maksimal melakukan penguatan pasokan daya ke sekolah-sekolah di Aceh yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April mendatang. Selain itu, pihak sekolah juga dianjurkan memakai uninteruprible power supply (UPS) demi menjaga stabilitas tegangan listrik.

“Ya, sebaiknya pakai UPS untuk stabilitas tegangan, mengingat ujiannya berbasis komputer yang sangat sensitif terhadap variasi tegangan (kualitas daya),” kata General Manager PLN Wilayah Aceh, Ir Bob Saril MEng menjawab Serambi di Banda Aceh, Senin (28/3) siang.

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar kepada Serambi, Rabu (23/3) menyarankan sekolah-sekolah di Banda Aceh menyediakan genset menjelang pelaksaan UNBK, sebab belakangan ini Aceh rawan pemadaman listrik. Gagasan itu dicetuskannya saat meninjau SMAN 1 Banda Aceh.

Menanggapi hal itu, Bob Saril menyatakan, PLN Wilayah Aceh akan melakukan penguatan pasokan dan akan berkoordinasi dengan kepala-kepala sekolah yang akan mengadakan ujian berbasis komputer tersebut.

“Kita tak ingin UNBK terganggu, maka kita lakukan penguatan pasokan ke sekolah-sekolah, di samping kita anjurkan mereka menyiapkan UPS,” kata Bob Saril.

Menurut wikipedia, UPS adalah suplai daya bebas gangguan atau dalam bahasa Inggrisnya uninteruprible power supply. UPS dikenal sebagai alat yang mampu menyalakan sebuah barang elektronik, namun akan menyala dalam waktu lama. Sebuah UPS normal sebesar 600 watt hanya mampu menyalakan sebuah komputer dengan daya 400 watt selama 17 menit.

Sementara itu, Bhinneka.com menyebutkan, UPS paling canggih yang mampu menampung daya paling besar adalah APC SUA5000RMI5U. UPS canggih keluaran APC sebesar 5.000 VA/4.000 watt itu biasanya digunakan untuk server. Harganya Rp 27,5 juta per unit. Begitupun, tersedia banyak UPS yang harganya di bawah Rp 5 juta. (dik) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id