8 Kandidat Daftar ke Demokrat Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

8 Kandidat Daftar ke Demokrat Aceh

Foto 8 Kandidat Daftar ke Demokrat Aceh

* Akmal Mendaftar di Abdya

BANDA ACEH – Sebanyak delapan bakal calon atau kandidat bupati dan wali kota dari lima kabupaten/kota mengembalikan berkas formulir pendaftaran balon kepala daerah ke Kantor DPD Partai Demokrat Aceh, Banda Aceh. Enam di antaranya mendaftar pada, Senin (28/3), dua lainnya mendaftar pada, Kamis (24/3).

Data diperoleh dari DPD Partai Demokrat Aceh, enam kandidat yang mendaftar pada, Senin (28/3) adalah, M Fakhruddin Muhdi (Abdya), Mustafa Geulanggang (Bireuen), Illiza Sa’aduddin Djamal dan Ibnu Rusdi (Banda Aceh), dan Jamin Idham dan Asib Amin (Nagan Raya). Sementara dua kandidat mendaftar pada, Kamis (24/3) lalu adalah, Yudi Kurnia (Banda Aceh) dan Ahmadi (Bener Meriah).

Amatan Serambi Senin kemarin, pengembalian formulir diawali oleh M Fakhruddin Muhdi yang datang bersama pendukungnya sekira pukul 11.00 WIB. Kemudian disusul Mustafa Geulanggang, Illiza Sa’aduddin Djamal, Ibnu Rusdi, Jamin Idham, dan diakhiri oleh Asib Amin pada pukul 15.30 WIB.

Semua balon datang bersama pendukungnya dan disambut oleh Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Aceh, T Iskandar Daod, Wakil Sekretaris Partai Demokrat Aceh, Iqbal Farabi, Ketua Koordinator Tim Penjaringan Balon, M Yunus Ilyas, dan beberapa pengurus lainnya. “Sebagai partai kita belum bisa menjanjikan. Kita akan melihat proses di tingkat DPP Partai Demokrat dulu,” kata Yunus Ilyas.

Dia mejelaskan pendaftaran itu akan ditutup pada 4 April mendatang. Semua balon akan disurvei oleh DPP Partai Demokrat untuk melihat elektabilitas masing-masing calon. “Setelah semua berkas kita terima, lalu kita akan berkomunikasi dengan Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) partai untuk diserahkan ke DPP,” ujarnya.

Sementara itu, mantan bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim SH mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Abdya ke kantor DPC Partai Demokrat Abdya, Senin (28/3). Akmal Ibrahim yang datang bersama puluhan pendukung, disambut ketua DPC Partai Demokrat Abdya, Romi Syahputra, Ketua Penjaringan Bakal Calon Bupati Partai Demokrat, Rinaldi Bayur Syahputra, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, H Zakaria, serta sejumlah pengurus dan tim penjaringan Partai Demokrat.

Dalam sambutannya, Akmal mengucapkan terimakasih kepada partai Demokrat yang telah membuka diri dan memberi kesempatan untuk dirinya menjadi salah satu bakal calon bupati Abdya yang akan disurvei Partai Demokrat untuk didukung pada Pilkada 2017.

Akmal berjanji akan mengikuti sejumlah prosedur dan mekanisme Partai Demokrat dalam proses tahapan penjaringan bakal calon bupati tersebut, dan akan menerima apapun keputusan Partai Demokrat dalam Pilkada 2017.

Ketua DPC Partai Demokrat Abdya, Romi Syahputra menegaskan dalam penjaringan bakal calon tersebut tidak bisa diintervensi, dan keputusan calon yang akan diusung merupakan kewenangan dari DPD dan DPP melalui mekanisme survei.

“Kami hanya sebatas menerima dan verifikasi berkas. Calon yang akan kita usung elektabilitasnya tinggi dan mampu mendapatkan hati rakyat. Jadi, siapa yang mendapatkan hati rakyat itulah bakal calon yang akan kita usung dan menangkan, dan seluruh pengurus sepakat untuk memenangkan siapapun keputusan dari DPP,” tegas Wakil Ketua I DPRK Abdya ini.

Menurut Romi, ada enam bakal calon yang telah mengambil formulir pendaftaran. Empat di antaranya telah resmi mendaftar. Selain Akmal, calon yang sudah lebih dulu mendaftar adalah, Ir Fakhruddin, Razakna ST, dan AKBP Hasbi.(mas/c50) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id