Lima Daerah tanpa Wakil | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lima Daerah tanpa Wakil

Foto Lima Daerah tanpa Wakil

BANDA ACEH – Sebanyak lima daerah dipastikan tanpa wakil dalam Aqua Danone Nations Cup (DNC) 2016 untuk Regional Aceh, yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, 2-3 April.

“Subulussalam, Gayo Lues, Pidie Jaya, Aceh Jaya, plus Aceh Tenggara tak ada wakil dalam DNC. Kelima daerah tersebut absen akibat tidak menggelar prakualifikasi seperti kabupaten/kota lain. Sehingga DNC tetap diikuti 48 tim seperti tahun lalu,” kata Koordinator Aqua DNC Regional Aceh, Zahirsyah Oemardy kepada Serambi petang kemarin.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan prakualifikasi DNC sudah digelar sejak Januari hingga pekan ketiga Maret 2016. Padahal, ia mengakui, pihaknya sudah menghubungi kelima kabupaten/kota supaya digulirkan prakualifikasi. Ternyata, hingga DNC tingkat Provinsi akan diputar, kelima daerah gagal mengirim wakilnya ke Banda Aceh.

Didampingi ketua panitia, Muhammad Ansar, ia menambahkan, screening test bagi pemain ke-48 peserta akan digelar pada Kamis (31/3) pagi, di Stadion Harapan Bangsa. Kali ini, pihak panitia akan menetapkan dua screening test terhadap peserta. Pertama pemain akan diperiksa kelengkapan administraasi berupa ijazah, rapor, Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran.

Ini, lanjutnya, untuk memastikan kalau pemain itu kelahiran antara 1 Januari 200 dan 31 Desember 2005. Kemudian, screening test kedua berupa pemeriksaan gigi terhadap pemain guna memastikan mereka itu berumur antara 11 atau 12 tahun secara medis. “Khusus pemeriksaan gigi melibatkan dokter yang dikirim khusus dari Jakarta. Ini sama seperti tahun sebelumnya,” tegasnya.

Kali ini, jelas Zahirsyah, jika hasil dalam screening test terdapat tiga pemain atau lebih tak lewat seleksi, maka sudah dipastikan tim tersebut langsung didiskualifikasi panitia. Karena guna menghindari terjadinya pemalsuan umur yang berakibat dicoretnya tim, maka pihak panitia meminta supaya perwakilan peserta untuk mendaftrkan pemain sesuai dengan ketentuan.

Seperti diketahui, juara regional Aceh nantinya akan bertanding di babak final nasional pada 23-24 Juli di Jakarta. Sementara tarung final dunia akan dihelat di Perancis, Oktober 2016 yang diikuti 32 negara. “Techical meeting dan drawing akan dilaksanakan Jumat (1/4) sore,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ketua panitia, Muhammad Ansar mengakui, untuk tahun ini pihaknya dalam drawing grup akan menetapkan tim unggulan pertama, kedua, dan ketiga. Keputusan ini semata-mata supaya juara masing-masing wilayah tak langsung bertemu di babak penyisihan grup.(ran) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id