Selain Tunggakan, PLN Juga Digerus Penyusutan Arus | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Selain Tunggakan, PLN Juga Digerus Penyusutan Arus

Foto Selain Tunggakan, PLN Juga Digerus Penyusutan Arus

aceh.Uri.co.id, BANDA ACEH – Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak hanya berhadapan dengan kendala tunggakan pelanggan tetapi juga penyusutan (losses) arus di wilayah Aceh yang dilaporkan mencapai 11,74 persen hingga posisi Februari 2016.
GM PLN Aceh, Bob Saril dalam penjelasan terbukanya di grup WhatsApp ‘KANAL LISTRIK ACEH’ menjelaskan, dari 11,74 persen losses tersebut, rinciannya adalah susut teknis 6,5 persen dan susut non-teknis 5,24 persen.

Menurut Bob, kendala teknis adalah nature/sifat bahan penghantar arus. Ini karena bahan penghantar memilki tahanan sehingga terdapat susut yang berubah menjadi panas. Secara empiris susut teknis di jaringan dipengaruhi oleh panjang jaringan, luas penampang, dan besarnya pembeban arus yang mengalir pada bahan tersebut.
Sedangkan susut non-teknis, lanjut Bob disebabkan permasalahan pengukuran atau timbangan pada pelanggan, yang dalam hal ini KWh meter.

Penyebabnya bisa terjadi pada peralatan itu sendiri (KWh meter) atau eksternal, mulai dari pembacaan, penyalahgunaan (tempering) atau kesalahan penginputan.
Terkait penyalahgunaan, menurut GM PLN Aceh masih banyak ditemukan di pelanggan. Hal ini dapat merugikan pelanggan itu sendiri, misalnya menanggung dosa (kemunkaran) karena telah mengambil barang yang bukan haknya, membahayakan kesalamatan manusia dan lingkungan, termasuk bahaya kebakaran.

Bila ditemukan pelanggaran bisa kena tindakan pidana sesuai UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan atau sanksi Perdata dengan tagihan susulan yang besar. “Kami mengimbau agar semua pelanggan menghindari kemunkaran ini,” demikian Bob Saril.(*) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id