Pelabuhan Ulee Lheue Dangkal | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pelabuhan Ulee Lheue Dangkal

Pelabuhan Ulee Lheue Dangkal
Foto Pelabuhan Ulee Lheue Dangkal

BANDA ACEH – Area labuh di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh saat ini semakin dangkal, sehingga menyulitkan kapal feri untuk merapat ke dermaga. Bahkan, akibat dangkalnya area pelabuhan, kapal feri sudah pernah tertunda keberangkatannya.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh, Usnaidi kemarin mengatakan jika air laut sedang surut, kedalaman di area kolam labuh Pelabuhan Ulee Lheue bisa hanya 0,7 meter.

Bahkan, kata Usnaidi, dua hari lalu kapal harus diberangkatkan lebih awal untuk menghindari kandas. “Namun kondisi itu hanya menganggu pelayaran saat air surut, sedangkan saat kondisi normal, kapal aman keluar masuk pelabuhan,” kata Usnaidi.

Karena itu, menurutnya kedangkalan itu perlu segera dikeruk agar kapal mudah keluar masuk pelabuhan itu dan hal ini diakuinya sudah dilapor ke pimpinannya.

Dikonfirmasi Serambi kemarin, Kepala Bidang (Kabid) Laut Dishub Aceh, Faisal mengatakan pengerukan area pelabuhan itu akan diusulkan pada 2018. Ia menyebutkan, sebelumnya Pemerintah Aceh sudah mengusul kepada Kementerian Perhubungan dan Menteri Koordinator Kemaritiman pada Maret 2017 agar pengerukan dibiayai APBN.

“Namun sepertinya pengerukan itu tidak tertampung dalam APBN-P 2017, makanya ini kita coba usulkan melalui APBA 2018,” ujarnya. Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang menghitung jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pengerukan dan pemeliharaan kolam labuh dan alur keluar masuk kapal. Menurutnya, biaya besar akan tersedot untuk mobilisasi kapal keruk. (mun) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id