Napi Rutan Idi Demo Hingga Rusuh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Napi Rutan Idi Demo Hingga Rusuh

Napi Rutan Idi Demo Hingga Rusuh
Foto Napi Rutan Idi Demo Hingga Rusuh

* Tuntut Karutan Dicopot

IDI – Ratusan narapidana yang menghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) IDI, Aceh Timur, Senin (25/9) sore berdemonstrasi menuntut Kepala Rutan, Irdiansyah Rana dicopot.

Amatan Serambi, aksi ini sempat diwarnai kerusuhan saat sejumlah napi mencoba mendobrak pintu sel dan melempari gedung utama dengan berbagai benda yang bisa mereka temukan. Suasana baru bisa diredam setelah Kapolres Aceh Timur menurunkan personelnya termasuk sejumlah anggota Brimob.

Akibat kerusuhan ini, pihak Rutan Idi pun memindahkan puluhan orang napi dengan sama hukuman yang tinggi, ke Rutan Kota Langsa dan Rutan Lhokseumawe. “Puluhan napi terpaksa kami pindahkan karena jumlah napi di Rutan Idi sudah melebihi kapasitas, yakni mencapai 390 orang. Sehingga sulit diawasi,” ungkapnya.

Pemindahan napi ini dipimpin langsung Kapolres Aceh Timur hingga pukul 22.00 WIB, Senin (25/9) malam. Mereka diangkut dengan bus ke Langsa dan Lhokseumawe, dengan pengawalan ketat polisi dan Brimob bersenjata. “Tugas kami hanya membantu agar persoalan antara napi dengan kepala Rutan selesai, dan membantu proses pemindahan,” ungkap Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto.

Kepala Rutan Idi, Irdiansyah Rana mengatakan, demo napi ini dipicu akibat pihaknya memperketat aturan cuti menjenguk keluarga (CMK), sehingga banyak napi yang protes kemudian membuat kerusuhan.

Faktor lainnya, ungkap Irdiansyah, sejumlah narapidana tak terima Kasubsi Rutan atas nama RD dijatuhi sanksi oleh Kanwil Kemenkumham Aceh. Hal ini mungkin bentuk solidaritas napi kepada petugas rutan tersebut, yang dinilai cukup toleran dalam menerapkan aturan.

Menurut Irdiansyah, RD bertanggungjawab atas kaburnya napi bernama Basaruddin yang dihukum atas kasus uang. “Basaruddin melarikan diri pada Jumat (22/9) lalu, saat diberikan izin menjenguk keluarga (CMK), namun izin tersebut tanpa diketahui Kepala Rutan,” jelasnya.(c49) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id