Jadwal Pansus DPRK Diperpanjang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jadwal Pansus DPRK Diperpanjang

Jadwal Pansus DPRK Diperpanjang
Foto Jadwal Pansus DPRK Diperpanjang

* Kumpulkan Data Tentang PAD dan Utang

LHOKSEUMAWE – Pansus DPRK Lhokseumawe tentang LKPJ Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode lama dan APBK 2016 telah diperpanjang 11 hari lagi, sehingga tugas tim akan berakhir sampai 3 Oktober 2017 mendatang. Perpanjangan jadwal kerja Pansus untuk mendapatkan data secara akurat tentang sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga jumlah utang yang timbul pada tahun 2016.

Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe Suryadi kepada Serambi, Selasa (26/9) menyebutkan, jadwal Pansus sebelumnya sejak 11 hingga 22 September 2017. Namun kini telah diperpanjang sampai 3 Oktober 2017 atau bertambah 11 hari. Jadwal kerja Pansus harus diperpanjang, kata dia, karena sampai 22 September lalu masih ada beberapa SKPD yang belum menyerahkan data secara rinci tentang sektor PAD ataupun rincian utang. “Data yang akurat tentang permasalahan PAD dan juga rincian utang kepada pihak ketiga yang timbul akibat defisit anggaran tahun 2016 lalu sangat dibutuhkan agar kami nantinya tepat dalam mengeluarkan rekomendasi,” jelasnya.

Dijelaskan Suryadi, di Lhokseumawe ada 32 sektor yang bisa memasukkan PAD, namun selama ini mayoritasnya jumlah PAD yang diperoleh tidak mencapai target. Contohnya sektor parkir, target mencapai Rp 1 miliar, sedangkan yang berhasil dicapai hanya sekitar Rp 800 juta. Padahal, bila dikelola dengan baik, PAD bisa lebih dari Rp 1 miliar. Begitu juga aset-aset lainnya seperti kios milik Pemko yang disewakan kepada pihak ketiga, penerimaan PAD juga kurang jelas. “Makanya kita butuh data akurat, sehingga nantinya bisa dicarikan solusi dalam upaya meningkatkan PAD,” ujarnya.

Terkait masalah utang, menurut Suryadi, sampai saat ini masih ada beberapa SKPD yang belum menyerahkan data utang secara rinci. “Jadi, hari ini Pansus telah mengirim surat kembali ke beberapa SKPD agar segera menyerahkan data yang diperlukan tim Pansus. Kita harapkan pihak eksekutif dapat menindaklanjuti secara cepat,” pungkas Suryadi.

Sementara itu, Sekdako Lhokseumawe Bukhari AKS memastikan apa pun data yang dibutuhkan tim Pansus akan diberikan. Eksekutif juga siap bekerja sama dengan legislatif untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. “Bila surat tim pansus sampai, maka apa pun data yang diminta akan langsung kita berikan,” demikian Bukhari AKS.(bah) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id