TAPA pun Setuju | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

TAPA pun Setuju

TAPA pun Setuju
Foto TAPA pun Setuju

Asisten III Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Kamaruddin Andalah yang dimintai tanggapannya tentang pemangkasan anggaran untuk panjar beli pesawat patroli, awalnya diusulkan Rp 10 miliar, setelah disepakati bersama tinggal Rp 1 miliar, kepada Serambi menyatakan bahwa benar seperti itulah kesepakatannya.

“TAPA bersama Banggar DPRA sudah menyetujuinya dalam rapat Minggu (24/9) malam lalu,” kata Kamaruddin saat ditanyai Senin (25/9) di Banda Aceh.

Menurutnya, pengadaan pesawat patroli laut dan hutan itu penting. Apalagi, berdasarkan PP Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Bersama Bagi Hasil Minyak Bumi dan Gas Aceh, wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) laut Aceh tidak lagi 12 mil dari bibir pantai, melainkan sudah 200 mil.

Karena wilayah laut yang hendak diawasi sudah luas, kata Kamaruddin, maka Aceh butuh punya pesawat patroli laut. Jadi, jika ada nelayan asing yang menjarah ikan di wilayah laut Aceh, bisa secepatnya diketahui dan pelakunya bisa ditangkap.

Kecuali itu, frekuensi pengawasan laut bisa lebih diintensifkan lagi jika Pemerintah Aceh punya pesawat sendiri.

Pesawat untuk patroli hutan, kata Kamaruddin, juga dibutuhkan. Akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran hutan di Aceh. “Kalau ada pesawat patroli kan kita bisa secepatnya mengetahui lokasi kebakaran dan bisa membuat peta kebakaran dan melaporkannya kepada BNPB untuk secepatnya ditangani. Fungsi lainnya pesawat tersebut adalah untu mengawasi perusakan hutan,” timpalnya.

Menurut Kamaruddin, usulan TAPA mengenai panjar dana pembelian pesawat patroli itu, didasari oleh kebutuhan terkini Aceh. “Tapi, karena Banggar DPRA belum setuju penyediaan dana panjarnya, maka kita minta dana perencanaan kajian kelayakan pengadaan pesawat itu. Nah, Banggar DPRA bersama TAPA telah menyetujuinya 1 miliar rupiah dalam RAPBA Perubahan 2017 ini,” ujar Kamaruddin. (her) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id