Rindam IM Gelar Nobar Film G30S/PKI | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rindam IM Gelar Nobar Film G30S/PKI

Rindam IM Gelar Nobar Film G30S/PKI
Foto Rindam IM Gelar Nobar Film G30S/PKI

BANDA ACEH – Resimen Induk Kodam (Rindam) Iskandar Muda menggelar nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September atau G30S/PKI, Minggu (24/9) malam di Dodik Bela Negara, Mata Ie, Aceh Besar. Kegiatan itu dihadiri unsur Forkompimda Aceh Besar, masyarakat, dan anggota TNI.

Danrindam IM, Kolonel Inf Niko Fahrizal kemarin mengatakan, selama ini belum ada penemuan atribut PKI di Aceh, sehingga belum ada tanda-tanda kemunculan PKI di Tanah Rencong. Ia menambahkan, berdasarkan beberapa sumber yang dibaca, Aceh sudah sejak tahun 1967 bebas PKI.

Sementara Wakil bupati aceh besar, Tgk Husaini Abdul Wahab menuturkan, pemutaran film itu dapat mengingatkan kembali mengenai pengkhianatan PKI. Karena selama ini banyak generasi muda hanya mendengarkan saja mengenai peristiwa PKI.

Ia juga mengapresiasi langkah Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang sudah menginstruksikan pemutaran film G30S/PKI di sejumlah daerah. Sehingga film itu memberi manfaat bagi generasi kedepan, terutama dalam memahami Pancasila.

“Dengan kuatnya Pancasila, Insya Allah PKI tidak akan bisa berkutik, tapi jika pancasila lemah maka PKI akan berkoar-koar, semoga PKI tidak ada di Aceh dan ulama siap memerangi PKI jika ada di Aceh,” ujar pria yang akrab disapa Waled Husaini ini.

Waled mengisahkan, pada saat peristiwa pembunuhan jenderal di Jakarta, santri dan masyarakat pesantren Ruhul Fata Seulimuem yang dipimpin oleh orang tuanya langsung menggelar shalat Ghaib. Pesantren itu sendiri sudah berdiri sejak 1946.(mun) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id