Keberangkatan KMP BRR Dipercepat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Keberangkatan KMP BRR Dipercepat

Keberangkatan KMP BRR Dipercepat
Foto Keberangkatan KMP BRR Dipercepat

* Hindari Pasang Surut di Ulee Lheue

SABANG – Keberangkatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) BRR dari Sabang dan Banda Aceh, Senin (25/9) sore dipercepat 30 menit dari jadwal biasanya. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pasang surut air laut di kolam labuh Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Abdurrani, kepada Serambi, kemarin mengatakan, pihak PT ASDP terpaksa mempercepat jadwal pemberangkatan dari Sabang ke Banda Aceh dan sebaliknya. Biasanya setiap hari kapal lambat itu berangkat dari Sabang ke Banda Aceh, pukul 08.00 WIB dan pukul 13.30 WIB. Begitu juga dari Banda Aceh ke Sabang berangkat pukul 10.30 WIB dan 16.00 WIB

Tapi dalam tiga hari terakhir jadwal keberangkatan kapal berkapasitas 375 penumpang itu dipercepat 30 menit dari jadwal yang telah ditentukan. Trip I berangkat dari Sabang ke Banda Aceh pukul 07.30 WIB dan trip II pukul 13.00 WIB, Begitu juga pemberangkatan dari Banda Aceh ke Sabang, trip I pukul 10.00 dan trip II pukul 15.30 WIB.

Dipercepatnya jadwal keberangkatan kapal lambat dari jadwal biasanya itu, kata Abdurrani untuk menghindari pasang surut di kolam labuh Pelabuhan Ulee Lheue. Sebab, jika terlambat keluar dari pelabuhan Ulee Lheue, maka kapal itu harus menunda pemberangkatan sekira dua jam untuk kembali ke Sabang.

Seperti yang terjadi Jumat pekan lalu yang mengakibatkan KMP BRR harus menunda keberangkatan untuk kembali ke Sabang sekitar dua jam, karena kolam labuh Pelabuhan Ulee Lheue mengalami pendangkalan akibat air laut surut. “KMP BRR pada Jumat sore itu baru bisa keluar dari Pelabuhan Ulee Lheu, sekira pukul 19.00 WIB dan tiba di Sabang sekira pukul 21.30 WIB,” katanya.

Hal itu juga diakui Kapten KMP BRR, Muhammad Noer. Dikatakan, Jumat lalu kapal yang dinakhodainya tertahan di Pelabuhan Ulee Lheue, karena kolam labuh mengalami pendangkalan akibat air laut sedang surut. Kapal lambat itu baru bisa keluar dari kolam labuh sekitar pukul 19.00 WIB, yakni setelah pasang naik atau setelah air laut di kolam labuh itu normal kembali.(az) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id