Pengawas Syariat Diperkuat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pengawas Syariat Diperkuat

Pengawas Syariat Diperkuat
Foto Pengawas Syariat Diperkuat

* 850 Petugas dari 14 Kecamatan Dikumpulkan

TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah terus berupaya menegakkan syariat Islam secara kaffah melalui penguatan para pengawas tingkat kampung. Sebanyak 850 peserta dari 114 desa yang tesebar di 14 kecamatan dikumpulkan di Gedung Olah Seni (GOS), Takengon untuk dilatih dua hari, 25 sampai 26 September 2017.

Bupati Aceh Tengah, Ir Nasaruddin MM ketika membuka pelatihan itu, Senin (25/9) menyatakan pengawas syariat Islam kampung harus menjadi contoh bagi masyarakat. “Prilaku dan akhlak harus menjadi contoh, sebelum mengajak masyarakat meninggalkan perbuatan yang melanggar syariat,” kata Nasaruddin di depan peserta.

Dia menjelaskan pengawas syariat juga harus membantu para ulama dan dai yang selama ini terus berdakwah di tengah-tengah masyarakat. Nasaruddin menyatakan perbuatan pelanggaran syariat harus bisa dicegah melalui sosialisasi atau juga khutbah di meunasah dan masjid-masjid.

Dikatakan peran pengawas Syariat Islam, salah satunya mampu mengedepankan upaya pencegahan., sehingga dapat meminimalkan indikasi pelanggaran. “Kalau bisa, tidak ada lagi pelanggaran syariat Islam di kabupaten ini,” harapnya sebelum menutup kata sambutan.

Sedangkan Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Tengah, Alam Syuhada menyebutkan pembekalan bagi pengawas Syariat Islam tingkat desa itu, menghadirkan sejumlah narasumber di, antaranya Kapolres dan Dandim Aceh Tengah.

“Para pengawas Syariat Islam ini, terdiri dari unsur perangkat kampung, tokoh masyarakat, pemuda, Babinsa dan Babinkamtibmas,” kata Alam Syuhada. Disebutkan, melalui pembekalan ini, diharapkan para pengawas Syariat Islam mengetahui kewenangan yang menjadi tugas dan fungsinya.

“Ketika para petugas telah memahami fungsinya, tentu efektifitas penerapan Syariat Islam di daerah ini, bisa terwujud seperti yang kita harapkan bersama,” sebutnya.

Sebelumnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Tengah mensosialisasikan pilar kebangsaan di Takengon, Aceh Tengah pada Rabu (20/9). Sekda Karimansyah ketika membuka kegiatan mengatakan pentingnya bagi semua unsur masyarakat memilki jiwa nasionalisme yang tinggi dan cinta tanah air.

“Sudah sewajarnya selaku warga ikut menjaga keutuhan NKRI agar terhindar dari disintegrasi bangsa,” ujarnya. Diharapkan, melalui sosialisasi itu peserta mampu meningkatkan pemahaman tentang pembauran kebangsaan di tengah keberagaman kehidupan sosial kemasyarakatan.

Dikatakan, di lingkungan masing-masing, peserta dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat, bahwa pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sosialisasi dengan tema: “Semangat Pembauran Kebangsaan Kita Jaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” itu diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar.(my) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id