Tenda Belajar Diterjang Badai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tenda Belajar Diterjang Badai

  • Reporter:
  • Selasa, September 26, 2017
Tenda Belajar Diterjang Badai
Foto Tenda Belajar Diterjang Badai

* Ratusan Murid SDN 4 Indra Jaya Terlunta

CALANG – Empat tenda yang didirikan sebagai tempat belajar siswa pascapenyegelan SDN 4 di Desa Kuala, Kecamatan Indra Jaya, Aceh Jaya di kompleks Dayah Istiqamatuddin dilaporkan hancur akibat diterjang badai pada Minggu (24/9) sore. Semua tenda yang didirikan di belakang dayah tersebut kini tidak dapat difungsikan lagi, karena telah rusak dan roboh. Tenda tersebut didirikan berhadapan dengan laut sehingga mudah terhempas angin.

Setelah kejadian itu, murid SDN 4 di Desa Kuala kemarin terpaksa belajar di lantai ruang perpustakaan dan balai pengajian di Dayah Istiqamatuddin. “Sejak Senin (kemarin) sebagian siswa kita belajar di ruang perpustakaan dan sebagian lainnya belajar di balai tempat pengajian di Dayah Istiqamatuddin, kerena tenda yang dijadikan tempat belajar selama ini telah hancur diterjang angin kencang,” kata Rosnidar, kepala SDN 4 Indra Jaya saat dikonfirmasi Serambi kemarin.

Ia menambahkan, proses belajar mengajar tetap berjalan meski dalam kondisi darurat. Pihak sekolah saat ini masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Aceh Jaya dan Provinsi Aceh terkait dengan tempat belajar pengganti yang nyaman dan aman. Sementara itu anggota DPRK Aceh Jaya M Jamin mendesak Dinas Pendidikan Aceh Jaya segera menyediakan meja belajar kepada murid yang dinilai saat ini menjadi kebutuhan mendesak.

Menurutnya proses belajar mengajar murid yang menggunakan lantai tanpa kursi dan meja membuat konsentrasi berlajar mereka terganggu. “Kita mendesak Dinas Pendidikan untuk segera menyediakan meja belajar kecil sekitar 110 unit, sebab mereka saat ini belajar di lantai. Kita berharap agar pemerintah segera mempertimbangkan kembali, apakah para murid kembali kepada sekolah yang telah disegel itu dengan menganti rugi atau ada solusi lain yang lebih bijaksana,” ujarnya.

Menurut M Jamin kondisi para murid kini amat memperihatinkan. Mereka terlunta-lunta akibat dari sengketa bangunan sekolah tersebut yang sampai saat ini belum diganti rugi oleh Pemkab Aceh Jaya kepada pemilik tanah meskipun telah ada putusan dari Mahkamah Agung.(c45)

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya Edwar mengatakan pihaknya tengah berupaya untuk menyediakan meja kepada para murid SDN 4 di Desa Kuala, Kecamatan Indra Jaya, Aceh Jaya yang kini terpaksa belajar di teras pustaka dan balai di kompleks Dayah Istiqamatuddin. “Kita akan upayakan meja kecil nantinya kepada murid sekolah untuk sementara waktu,” kata Edwar.(c45) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id