Buat Curang Saat Tes CPNS, Hukumannya Berat Lho | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Buat Curang Saat Tes CPNS, Hukumannya Berat Lho

Buat Curang Saat Tes CPNS, Hukumannya Berat Lho
Foto Buat Curang Saat Tes CPNS, Hukumannya Berat Lho

URI.co.id, BANDA ACEH – Setiap peserta yang mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (ChPNS) diminta agar tidak berbuat curang selama pelaksaan tes berlangsung.

Apabila kedapatan, peserta tersebut akan mendapat sanksi berupa hukuman tidak bisa mengikuti tes CPNS berikutnya selama seumur hidupnya.

Baca: BREAKING NEWS – Tes SKD CAT CPNS 2017 Kemenkumham Aceh Diundur, Ini Penyebabnya

Penegasan itu disampaikan oleh Kepala BKN Regional VIII Aceh, Makmur Ibrahim di lokasi pelaksaan ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tingkat SLTA di Aula Universitas Abulyatama, Aceh Besar, Senin (25/9/2017).  

“Bagi peserta yang berbuat curang itu akan didiskualifikasi. NIP nya juga akan diblokir, selamanya tidak bisa mengikuti tes lagi. Alhamdulillah di Aceh belum ada ditemukan (yang melakukan kecurangan). Tapi kejadian itu (sudah pernah terjadi) di wilayah kerja kantor regional VII Makasar,” katanya.

Dia menjelaskan, aturan tersebut baru diberlakukan tahun ini melalui keputusan Kepala BKN Pusat.

Baca: CPNS TAHAP II 2017 – Mau Lulus Tes SKD CAT? Manipulasi dan Negosiasi Nggak Bisa, Ini Tips-nya!

“Kami menghimbau agar jangan berbuat curang, belajarlah dengan baik, karena yang dites hanya kemampuan dasar tetang wawasan kebangsaan seperti pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” katanya.

“Di Aceh kan ada gratis wifi saat ngopi, manfaatkan untuk hal-hal yang positif, jangan main game disitu yang membuat habis waktu. Belajarlah, sebab semua pejaran yang di tes ada di website. BKN juga menyediakan fasilitas simulasi (pengisian jawaban) melalui cat.bkn.go.id, Silahkan belajar,” tambahnya.

Makmur juga menyatakan bahwa saat mengikuti tes setiap peserta hanya diperbolehkan masuk sebuah pensil dalam ruangan.

Selainnya, ditinggal di luar ruang atau dititipkan kepada petugas yang disiapkan pihaknya. 

“Sementara Hp, perhiasan itu ditanggalkan di luar, kita ada tempat penitipan tas,” katanya.

Baca: CPNS 2017 – PENTING, Kasus Sama Terulang Lagi, 669 Pelamar CPNS Tahap II Wajib Upload Ulang

Begitupun, setiap komputer atau laptop yang digunakan oleh peserta untuk mengisi jawaban juga sudah disterilkan oleh panitia dari data-data lainnya. Makmur mengatakan bahwa data yang ada dalam laptop hanya soal ujian saja yang hanya bisa diakses dengan memasukan nomor PIN.

“Dalam laptop hanya ada soal saja, yang lain tidak ada,” pungkas dia. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id