Guru Dayah Aceh Ziarahi Lima Makam Wali Songo | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Guru Dayah Aceh Ziarahi Lima Makam Wali Songo

Guru Dayah Aceh Ziarahi Lima Makam Wali Songo
Foto Guru Dayah Aceh Ziarahi Lima Makam Wali Songo

BANDA ACEH – Teungku (guru dayah) dari Aceh yang sedang memperdalam kemampuan berbahasa Asing di Jawa Timur, 22-23 September 2017, menziarah lima makam Wali Songo. Rombongan yang berangkat menggunakan bus ini memulai perjalanan ke makam Syaikh Maula Makhdum Ibrahim atau yang lebih akrab disapa Sunan Bonang.

“Perjalanan kita ke lima makam wali ini dalam rangka mengisi waktu luang setelah menjalani ujian bulanan di tempat kursus yaitu Kampung Inggris, Pare, Kediri. Kita pilih berziarah ke makam para wali, mengingat libur kali ini juga bertepatan dengan tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 Hijriyah,” tulis Tgk Aula Andika Fikrullah Albalad dalam surat elektronik (e-mail) yang diterima Serambi, kemarin.

Dengan ziarah itu, ia berharap dapat menambah semangat guru dayah dan semua pihak dalam berdakwah menyebarkan ajaran Islam dimana pun dan kapan pun serta dapat meningkatkan kualtas keimanan kepada Allah SWT. Sehingga akan lebih taat dan takwa dalam menjalankan segala perintah-Nya serta lebih giat dalam memperjuangkan agama Islam. “Insya Allah, sekembali ke Aceh nanti akan banyak hal yang bisa kita ceritakan kepada santri saat mengajar di dayah masing-masing,” ungkapnya.

Dikatakan, kunjungan itu diharapkan tak akan mengurangi target utama pihaknya berangkat ke Jawa Timur yaitu untuk belajar bahasa asing. “Kita berharap bisa memperbanyak pengalaman spiritual selama tiga bulan di Jawa Timur. Sebab, Jawa Timur merupakan provinsinya wali,” timpal guru dayah yang memilih program bahasa Inggris ini.

Dari sembilan (songo) wali penyebar Islam, sebut Aula, lima di antaranya mengembangkan dakwah hingga meninggal di Jawa Timur ini. Ziarah guru dayah itu berakhir di makam Sunan Ampe, setelah sebelumnya melakukan samadiah di makam Sunan Drajat, Syaikh Maulana Malik Ibrahim, dan Syaikh Bangkala, Madura. (rel/jal) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id