Abrasi Pantai Mon Jambe Meluas | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Abrasi Pantai Mon Jambe Meluas

Abrasi Pantai Mon Jambe Meluas
Foto Abrasi Pantai Mon Jambe Meluas

BIREUEN – Gelombang pasang besar yang menghantam bibir pantai Desa Mon Jambe, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Jumat (22/9) sore, menyebabkan abrasi di kawasan itu semakin meluas. Imbasnya, rumah warga yang berada dekat dengan bibir pantai terancam tergerus ke laut.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM dalam rilisnya kepada Serambi, kemarin, menyebutkan, setelah mendapat laporan dari warga, tim dari BPBD langsung turun ke lokasi melihat tingkat kerusakan dan luasnya abrasi. Tim yang turun ke lokasi yaitu dari petugas lapangan BPBD Bireuen, Tagana, dan RAPI.

Dampaknya, sejumlah rumah, fasilitas umum, serta gudang penyimpanan BBM milik warga setempat, yang dulunya berjarak belasan meter dengan bibir pantai, sekarang hanya tinggal 1 atau 2 meter lagi. “Bila tidak ditanggulangi segera, dikhawatirkan bila datangnya gelombang pasang lagi, beberapa unit rumah dan warung warga akan rusak atau ambruk diterjang abrasi,” ujarnya.

Ditambahkan M Nasir, pihaknya telah menginstruksikan kepada anggota Tim Posdalops-PB BPBD Bireuen yang dibantu oleh Tagana dan RAPI untuk memantau dan senantiasa siaga di lokasi. Sebabnya, dalam waktu dekat gelombang pasang diprediksi kembali terjadi.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jeumpa, Tarmizi SE kepada Serambi, kemarin, mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari warga dan akan segera melaporkan ke dinas terkait untuk dilakukan langkah antisipasi mencegah meluasnya abrasi. “Laporan dari warga telah kami terima dan akan kami tindaklanjuti dengan melaporkannya kepada Bupati serta dinas terkait,” ucap Sekcam Jeumpa.(yus) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id