Polisi Periksa Empat Sipir Rutan Sigli | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polisi Periksa Empat Sipir Rutan Sigli

Polisi Periksa Empat Sipir Rutan Sigli
Foto Polisi Periksa Empat Sipir Rutan Sigli

* Terkait Kaburnya Napi Penembak Posko Abusyik

SIGLI – Satuan Reskrim Polres Pidie menjadwalkan pemeriksaan empat sipir Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli terkait kaburnya seorang narapidana (napi) bernama Ismail Ramli (35) yang divonis dalam dua perkara yaitu penembakan posko cabup Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) dan sabu. Pemeriksaan keempat sipir dijadwalkan Senin (25/9).

Ismail Ramli terlibat penembakan posko Abusyik di Gampong Cot Ulee Seupeng, Kecamatan Peukan Baro, Maret 2017. Untuk perkara penembakan posko Abusyik, majelis hakim PN Sigli memvonis terdakwa dua tahun penjara sedangkan untuk perkara sabu divonis tujuh tahun.

Kapolres Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar SIK melalui Kasat Reskrim AKP Samsul, menjawab Serambi, Sabtu (23/9) mengatakan, polisi akan memeriksa empat sipir yang tugas piket pada saat Ismail Ramli kabur. Keempat sipir yang diperiksa yaitu Kamaruddin, Irwansyah, Syahbuddin, dan M Yunus.

Pemeriksaan sipir, katanya, masih sebagai saksi terkait kronologis kaburnya napi tersebut. Keempat sipir akan diperiksa secara meraton oleh personel Sat Reskrim Polres Pidie, Senin (25/9).

Menurutnya, pemeriksaan sipir itu masih dalam tahap lidik polisi dan belum penyelidikan. Sipir sedianya kooperatif dalam memberikan keterangan kepada penyidik sehingga polisi lebih mudah mengungkapkan kasus kaburnya sang napi.

Disinggung apakah Kepala Rutan Sigli akan ikut diperiksa, menurut AKP Samsul, pemeriksaan kepala rutan tergantung hasil pemeriksaan empat sipir tersebut. Jika memang hasil pemeriksaan sipir perlu diperiksa, maka kepala rutan akan tetap diperiksa.

„Sejauh ini kita hanya memeriksa empat sipir yang bertugas pada malam itu. Jika nantinya hasil pemeriksaan keempat sipir itu terlibat, maka tetap akan diproses secara hukum,“ tegasnya.

Dikatakan, pada hari yang sama polisi juga akan memeriksa tiga napi yang tidur satu kamar dengan Ismail. Mereka adalah Jamal, Fadhil, dan Hanifuddin. Pemeriksaan napi akan dilakukan setelah pemeriksaan sipir. Sementara untuk olah tempat kejadian perkara (TKP) yang merupakan lokasi sipir kabur, sudah dilakukan oleh pihak kepolisian.

Hasil olah TKP menyebutkan Ismail Ramli kabur melalui jeruji besi kamar mandi yang kemudian menerobos ke atap. Ismail meloncat ke bawah saat sampai di pintu depan rutan. Lalu, yang bersangkutan melarikan diri menggunakan sepeda motor kawannya yang telah siaga di jalan.

Seperti diberitakan, Ismail Ramli (35) pelaku penembak posko calon bupati (cabup) Pidie, Roni Ahmad alias Abusyik kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Benteng Sigli, Jumat (22/9) sekira pukul 04.00 WIB dinihari.

Ismail sebagai napi Rutan Sigli tercatat warga Gampong Dayah Keurako, Kecamatan Indrajaya, Pidie telah divonis sembilan tahun penjara oleh PN Sigli. Ismail divonis dalam dua perkara, yaitu dua tahun penjara untuk perkara penembakan posko Abusyik dan tujuh tahun penjara dalam perkara narkoba jenis sabu.(naz) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id