Pohon Beringin Depan Balai Kota Ditebang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pohon Beringin Depan Balai Kota Ditebang

Pohon Beringin Depan Balai Kota Ditebang
Foto Pohon Beringin Depan Balai Kota Ditebang

BANDA ACEH – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan peremajaan terhadap pohon-pohon besar yang tumbuh di trotoar dalam kota dengan cara ditebang. Penebangan itu dilakukan karena akar pohon merusak badan jalan dan bangunan serta dahannya telah lapuk ditakutkan jatuh ke pengguna jalan.

Amatan Serambi, Sabtu (23/9), petugas dari DLHK3 Banda Aceh menebang sejumlah pohon biringin yang tumbuh di sepanjang trotoar Jalan Tgk Abu Lam U atau tepatnya di depan Balai Kota. Penebangan dilakukan dengan cara memangkas semua dahannya sebelum ditebang batangnya yang sudah berukuran besar.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, T Samsuar menyampaikan pihaknya terus mengawasi setiap pohon yang telah membesar. Apabila ada pohon yang menganggu jaringan listrik, bangunan, dan badan jalan akan dipangkas. Jika sudah berbahaya maka akan ditebang dan diganti dengan pohon baru. Menurutnya, peremajaan pohon terus dilakukan secara reguler.

Dia menjelaskan, kebanyakan pohon baru yang diganti jenis trembesi untuk menindaklanjuti program Presiden. Selain tumbuhnya cepat, pohon ini juga rindang. “Cuma masyarakat banyak yang komplain dengan trembesi karena akarnya menganggu. Itulah yang terus kita awasi dan yang akaranya menganggu kita pangkas,” ujarnya.

T Samsuar juga mengakui di Banda Aceh masih banyak tumbuh pohon asam jawa (tamarindus indica) yang usianya sudah puluhan tahun. Konon katanya, pohon tersebut merupakan peninggalan penjajahan Belanda. “Pohon asam sudah langka, jadi kita tetap pertahankan. Tapi kalau terkena pembangunan kita tetap akan ganti dengan pohon lain,” katanya.(mas) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id