Verifikasi Parpol Dimulai Oktober | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Verifikasi Parpol Dimulai Oktober

Verifikasi Parpol Dimulai Oktober
Foto Verifikasi Parpol Dimulai Oktober

* PA Dipastikan Lolos

BANDA ACEH – Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan melakukan verifikasi terhadap partai politik (parpol) yang menjadi peserta Pemilu 2019 dari 3-16 Oktober 2017 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Tahapan ini diawali dengan pendaftaran parpol ke KPU/KIP Aceh.

Komisioner KIP Aceh, Junaidi SAg MH kepada Serambi, Sabtu (23/9), mengatakan, untuk partai nasional pendaftaran dilakukan di KPU Pusat, sedangkan partai lokal (parlok) dilakukan di KIP Aceh. Setelah itu, KIP akan memverifikasi administrasi sebelum ditetapkan sebagai partai yang memenuhi syarat untuk diverifikasi faktual.

“Saat ini sejumlah parlok sedang melakukan persiapan jelang verifikasi,” kata Junaidi. Dari tiga parlok yang ada di DPRA yaitu, Partai Aceh (PA), Partai Damai Aceh (PDA), dan Partai Nasional Aceh (PNA), hanya PA yang dipastikan lolos verifikasi karena perolehan kursi melebih 5 persen sebagaimana yang ditentukan dalam Pasal 90 UUPA.

Sedangkan PDA dan PNA tidak melewati electoral threshold, sehingga kedua partai tersebut wajib mengganti nama partai apabila ingin menjadi peserta Pemilu 2019.

Pada Pemilu 2014, PA berhasil meraih 29 kursi dari 81 kursi, PDA yang kini jadi Partai Daerah Aceh hanya memiliki 1 kursi, dan PNA yang kini berubah menjadi Partai Nanggroe Aceh hanya 3 kursi.

Junaidi mengungkapkan, dalam melakukan verifikasi pihaknya akan memeriksa kebenaran sekretariat atau kantor partai di 23 kabupaten/kota (khusus parlok minimal memiliki 2/3 kantor di kabupaten/kota dan kecamatan).

“Kita juga akan memeriksa kebenaran pengurus (ketua, sekretaris, bendahara), memperhatikan keterwakilan perempuan, dan keanggotaan partai,” tambahnya.

Untuk tahun 2019, Junaidi belum bisa memastikan berapa jumlah parlok yang akan menjadi peserta Pemilu. “Kita belum dapat kepastian. Kita akan tahu persis setelah masa pendaftaran. Kalau dari awal (2008) itu ada 15 parlok, apakah nanti mereka semua akan mendaftar kita belum tahu,” ujar dia.

Selain tiga parlok tersebut, ada juga beberapa parlok baru yang akan meramaikan kontestasi politik Indonesia, seperti Partai Gabungan Rakyat Aceh Mandiri (GRAM), Partai Atjeh Hijau (PAH), dan Partai SIRA.(mas) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id