Dana Kemanusian Kompas Pusat Gelar Operasi Katarak di Pidie Jaya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dana Kemanusian Kompas Pusat Gelar Operasi Katarak di Pidie Jaya

Dana Kemanusian Kompas Pusat Gelar Operasi Katarak di Pidie Jaya
Foto Dana Kemanusian Kompas Pusat Gelar Operasi Katarak di Pidie Jaya

URI.co.id, MEUREUDU – Dana Kemanusian Kompas (DKK) yang meliputi Group Kompas dan Serambi Indonesia bekerja sama dengan pihak Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Aceh, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan RSU Pidie Jaya (Pijay), Sabtu (23/9) menggelar opersi katarak yang dipusatkan di RSU Kabupaten setempat.

Assesment DKK, Suyanto kepada URI.co.id, Sabtu (23/9/2017) mengatakan, pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) berlangsung selama tiga hari, yaitu 23 sampai 25 September.

Baca: DKK dan Dinas Kesehatan Pijay Gelar Operasi Katarak, Yang Mau Daftar Masih Bisa

“Pelaksanaan pada hari pertama, telah menuntaskan sebanyak 56 orang setelah sebelumnya menjalani tes kematangan atau Screening,”sebutnya.

Dalam Baksos hajatan DKK ini, pihaknya menargetkan minimal sebanyak 200 peserta yang dapat dioperasi hingga hari ketiga nantinya.

Meski sebelumnya ‎pihak Dinkes Pijay telah mendata terhadap 346 warga dari delapan kecamatan.

Kendati demikian, DKK berkomitmen juga dapat melakukan kegiatan ini secara maksimal agar Baksos kemanusian pascabencana gempa ini dapat dirasakan mamfaat secara langsung oleh masyarakat di Pijay.

Baca: Gunakan Kacamata Hitam untuk Cegah Katarak

Dalam hajatan operasi katarak Baksos ini, pihak DKK memboyong dokter dari specialis mata Jakarta, Perdami Aceh, dan dari Unsyiah Banda Aceh (Unsyiah).

Semua pasien yang dioperasi katarak untuk hari berikutnya, tetap menjalni Screening Test terlebih dahulu terutama dicek kondisi kesehatan yang menyangkut dengan gula darah dan kematangan kataraknya.

“Ke-346 warga yang didata pada awalnya untuk dioperasi dalam aksi Baksos katarak telah didata oleh 11 Puskesmas di delapan kecamatan dan diharapkan kegiatan ini dapat sukses sebagaimana yang telah direncanakan,”tukasnya. (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id