44 Pengunjung Kafe Ditangkap | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

44 Pengunjung Kafe Ditangkap

Foto 44 Pengunjung Kafe Ditangkap

* Hasil Tes Urine 27 Orang Positif Pemakai Narkoba

LHOKSEUMAWE – Personel Polres Lhokseumawe, Badan Narkotika Nasional (BNN), Wilayatul Hisbah (WH), dan POM, Minggu (27/3) dini hari, menggerebek kafe di kawasan KP3 dan di pinggir Sungai Cunda. Petugas menangkap 44 pengunjung di dua kafe tersebut, dan sebagian diantaranya dinyatakan positif pemakai narkoba.

Informasi dihimpun Serambi, penggerebekan dua kafe itu dilakukan pukul 02.00 WIB. Dalam penggerebekan itu, petugas menangkap 44 pengunjung di kedua kafe tersebut. Banyak juga pengunjung yang kabur. Para pengunjung yang tertangkap langsung dites urine. Hasil tes urine, 27 orang dinyatakan positif pemakai sabu-sabu atau ekstasi.

Tes urine dilakukan langsung di lokasi penggerebekan dan penangkapan. Berdasarkan keterangan petugas BNN Lhokseumawe, dari 27 warga yang positif pemakai narkoba berdasarkan hasil tes urien, 22 orang diantaranya adalah pengunjug kafe di kawasan KP3. Sisanya adalah pengunjung kafe di kawasan pinggir Sungai Cunda.

Kepala BNN Lhokseumawe, Saiful kepada Serambi, Minggu (27/3) menyebutkan, hingga siang kemarin, sebagian pengunjung kafe yang positif narkoba masih diamankan petugas kepolisian untuk pemeriksaan dan pengembangan kasus. “Kita akan koordinasi lagi dengan polisi bagaimana tindak lanjut terhadap mereka yang positif pemakai narkoba,” katanya.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Anang Triarsono kepada Serambi, mengatakan, penggerebekan dua kafe itu dilakukan pada waktu bersamaan. Saat digerebek, kedua kafe sedang ramai pengunjung pria dan wanita.

Setelah penangkapan dan tes urien, pengunjung yang positif pemakai narkoba dan yang negatif, dipisahkan. Menjelang Subuh, ke 44 warga yang tertangkap itu diamankan sementara ke Polres Lhokseumawe. Paginya, 25 warga yang ditangkap diserahkan ke Kantor Satpol PP dan WH untuk diproses hukum terkait keberadaan pria dan wanita tengah malam di kafe.

Kasat Narkoba Polres Lhokseumawe AKP Sofyan menambahkan, penggerebekan itu merupakan komitmen polisi dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah itu. Sofyan juga meyebutkan, mereka yang diserahkan ke Satpol PP dan WH adalah warga yang tidak masuk dalam target polisi, terkait pengungkapan jaringan narkoba di Lhokseumawe.

Kasatpol PP dan WH Lhokseumawe, Irsyadi menyebutkan, pihaknya baru menerima 25 pengunjung kafe dari polisi pada Minggu pagi. Dari 25 orang itu, 15 diantaranya adalah wanita dan 10 pria. Berdasarkan hasil tes urien, ke 25 warga itu dinyatakan negatif dari pengaruh narkoba. Mereka hanya akan diproses secara qanun syariat Islam, terkait berkumpulnya antara pria dan wanita di kafe pada larut malam.

Hingga Minggu sore, kata Irsyadi, ke 25 pengunjung kafe yang ditangkap tengah malam itu masih diperiksa. Kemungkinan hari ini akan dipanggil keluarganya untuk proses pembinaan lanjutan. “Untuk malam ini (kemarin malam-red) semua mereka kita tahan di kantor,” demikian Irsyadi.(bah) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id