Pasar Sangkalan Telantar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pasar Sangkalan Telantar

Pasar Sangkalan Telantar
Foto Pasar Sangkalan Telantar

BLANGPIDIE – Pasar rakyat Sangkalan yang telah selesai dibangun di lokasi perbatasan Desa Padang Panjang dengan Desa Lampoh Drien, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telantar atau tidak difungsikan. Masyarakat sekitar lokasi meminta agar pasar itu segera dioperasikan sehingga tidak rusak. Pasar rakyat di wilayah Kemukiman Sangkalan tersebut dibangun menyerap Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 mencapai Rp 2,8 miliar dengan pelaksana CV Gading Multi Kualiti.

Warga sekitar heran, setelah bangunan selesai, malah pasar tersebut tidak difungsikan. “Seperti bangunan mubazir saja, padahal dibangun menyerap anggaran tidak sedikit,” kata seorang warga kepada Serambi kemarin.

Pasar Sangkalan terdiri atas bangunan pasar ikan, pasar sayur dan bangunan kios sebanyak delapan pintu plus kantor pengelola pasar. Pasar itu dibangun di atas lahan 80 x 90 meter. Karena tidak kunjung difungsikan, Pasar Sangkalan mulai mengalami kerusakan di beberapa bagian. Seperti keramik pada meja atau bangku pasar ikan dan sayur mulai copot di beberapa titik. Plafon bangunan pasar juga sudah ada yang lepas di beberapa tempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, H Nasli SSos kepada Serambi kemarin menjelaskan, Pasar Sangkalan belum dioperasikan karena belum tersedia sumber air yang dibutuhkan. “Sumur bor sedang dibangun, hanya tinggal pemasangan tandon air,” katanya. Sedangkan pengelola pasar sudah dibentuk dengan SK yang diketuai Rustanuddin. Sementara itu

Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, H Nasli Pasar Sangkalan sudah serahterima antara pelaksana dengan PPK, dan masa pemeliharaan sudah habis. “Kalau ternyata masih ada yang rusak akan direhap,” katanya.(nun) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id