Penyegelan Kantor Keuchik Berakhir | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penyegelan Kantor Keuchik Berakhir

Penyegelan Kantor Keuchik Berakhir
Foto Penyegelan Kantor Keuchik Berakhir

* Keuchik-Tuha Peuet Sepakati Mubes

MEULABOH – Aksi penyegelan Kantor Keuchik Pungkie Kecamatan Kaway XVI Aceh Barat yang berlangsung sejak Minggu lalu kemarin malam berakhir.

Kantor keuchik kembali dibuka setelah berlangsung pertemuan yang difasilitasi Muspika Kaway XVI di balai desa setempat. Penyegelan yang hampir sepekan itu awalnya dipicu protes warga soal tidak jelasnya pertanggungjawaban dana desa.

Namun kemarin disepakati persoalan di desa tersebut dibahas dalam musyawarah besar (Mubes) dalam waktu dekat ini. Pembukaan segel serta tulisan di kantor keuchik dilakukan bersama dihadiri camat, Kapolsek, Danramil serta aparat desa dan Tuha Peuet. Keuchik Pungkie Bustanuddin kepada Serambi kemarin mengakui bahwa penyegelan kantor keuchik sudah berakhir. “Pelayanan kepada masyarakat yang sempat terganggu selama hampir sepekan kembali sudah normal,” katanya. Disebutkan apa yang menjadi tuntutan warga akan disampaikan dalam forum Mubes dalam waktu dekat ini.

Ketua Tuha PeuetPungkie Hamdani yang dihubungi terpisah kemarin juga mengakui bahwa penyegelan kantor keuchik sudah berakhir dan sudah kembali dibuka. “Apa yang menjadi tuntutan sudah mulai disikapi,” katanya. Disebutkan dalam hal ini Tuha Peuet akan memantau dan melihat perkembangan ke depan. Ia berharap apa yang telah menjadi hasil pertemuan bersama yang difasilitasi Muspika dapat dijalankan.

Seperti diberitakan masyarakat Desa Pungkie Kecamatan Kaway XVI Aceh Barat, Minggu (17/9) menyegel kantor keuchik. Aksi penyegelan dengan memalang pintu masuk kantor tersebut sebagai bentuk protes terkait pengelolaan dana desa yang dinilai tidak transparan. Warga juga menempel tulisan bernada protes. Aksi ini berdampak pada terhentinya aktivitas kantor. Selain terkait anggaran 2015 dan 2016, warga juga meminta pemerintah desa agar pengelolaan dana tahun 2017 berpihak kepada masyarakat.

Pertemuan Lanjutan
Sementara itu Camat Kaway XVI Khairuzzadi SSTP kemarin mengatakan bahwa persoalan di Desa Pungkie sudah diselesaikan dengan baik yang difasilitasi Muspika yang dihadiri camat, Kapolsek dan mewakili Danramil. “Sudah normal kembali. Akan ada pertemuan lanjutan di desa. Harapan kita dapat diselesaikan dengan cara terbaik,” ujarnya.(riz) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id