Berbaik Sangka | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Berbaik Sangka

Foto Berbaik Sangka

Oleh Jarjani Usman

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan kalian yakin akan dikabulkanNya” (HR. Tirmidzi).

Allah akan menolong hamba-hambaNya, termasuk yang bersungguh-sungguh berusaha memperbaiki negerinya. Karena itu, kita tak boleh berputus asa, meskipun saat mendapati negeri sedang carut-marut. Akan ada perbaikan, asalkan berharap sepenuhnya dan berbaik sangka kepada Allah.

Dalam suatu hadits qudsi, Allah berfirman, “Aku tergantung persangkaan hamba kepadaKu…” (HR. Bukhari & Muslim). Setiap diri kita harus sepenuhnya yakin bahwa Allah maha kuasa dan maha memberi pertolongan. Dengan demikian, perlu memperbaiki niat, sikap, dan perbuatan. Sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits, “Sesungguhnya seorang mukmin ketika berbaik sangka kepada Tuhannya, maka dia akan memperbaiki amalnya. Sementara orang buruk, dia berprasangka buruk kepada Tuhannya, sehingga dia melakukan amal keburukan” (HR. Ahmad).

Karena itu, jangan berharap negeri akan baik, bila kita masih berbuat buruk seperti korupsi. Jangan harap pemerintahan akan menjadi baik, bila masih tergoda memilih pemimpin lemah dan suka melakukan pembohongan dan. Jangan berharap pemerintah akan merakyat, bila memilih pemimpin yang masih gemar berbuat serakah. Memperbaiki perilaku, seperti menghindari hal-hal buruk, adalah bagian dari upaya mengharap kebaikan dari Allah. Itulah cara yang sepatutnya dilakukan orang mukmin. (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id