Era Baru Kebangkitan Usaha Mikro di Banda Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Era Baru Kebangkitan Usaha Mikro di Banda Aceh

Era Baru Kebangkitan Usaha Mikro di Banda Aceh
Foto Era Baru Kebangkitan Usaha Mikro di Banda Aceh

KELOMPOK usaha kecil merupakan usaha yang terbanyak jumlahnya di Kota Banda Aceh, dan sesuai data yang ada lebih dari 3.000 unit usaha. Namun geliat dan kiprahnya jauh tertinggal dengan usaha menengah dan usaha besar yangg jumlahnya justru sangat sedikit. Hal ini disebabkan terbatasnya modal usaha yang dimiliki oleh pemilik usaha mikro tersebut.

Sekretaris Komisi A DPRK Banda Aceh, Iskandar Mahmud memaparkan, kadangkala untuk berurusan dengan perbankan terasa sangat sulit, karena mengharuskan adanya agunan atau jaminan dan legalitas formal lainnya. Padahal kelompok usaha mikro ini merupakan salah satu sektor yang menyerap tenaga kerja terbanyak di Kota Banda Aceh.

Sehingga para pengusuha kecil ini banyak yang mengambil jalan pintas dengan meminjam dana pada rentenir atau dengan istilah Bank 47. “Pinjam uang pada rentenir sangat mencekik leher bagi usaha mikro karena bunga terlalu tinggi,” ujar Iskandar Mahmud yang juga Ketua Partai Golkar Banda Aceh.

Patut kita mendukung visinya Wali Kota Banda Aceh, H AmiEra Baru Kebangkitan Usaha Mikro di Banda Acehah Usman SE Ak MM yaitu terwujudnya Kota Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariah dengan membentuk lembaga keuangan mikro. Ini wujud dari UU No 1 thn 2013 tentang keuangan mikro. Kehadiran lembaga itu sudah pada tahap pembahasan qanun sebagai dasar hukum pembentukan lembaga tersebut. Langkah ini juga didukung pihak eksekutif dan legislatif dalam upaya menghindari pengusaha terlepas dari jeratan rentenir dan riba.(**) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id