Ribuan Pelajar Meriahkan Karnaval 1 Muharram | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ribuan Pelajar Meriahkan Karnaval 1 Muharram

Ribuan Pelajar Meriahkan Karnaval 1 Muharram
Foto Ribuan Pelajar Meriahkan Karnaval 1 Muharram

BANDA ACEH – Ribuan pelajar memeriahkan karnaval tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah Tingkat Provinsi Aceh, Kamis (21/9) yang dipusatkan di sejumlah ruas jalan protokol dalam Kota Banda Aceh. Karnaval itu diikuti pelajar mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA sederajat yang berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar.

Peserta karnaval dilepas Wali Kota Banda Aceh, AmiRibuan Pelajar Meriahkan Karnaval 1 Muharramah Usman di Lapangan Blangpadang. Selanjutnya iring-iringan peserta melewati rute Simpang Jam, Pendopo Gubernur, Simpang Kodim, depan Masjid Raya Baiturrahman, Jembatan Pante Pirak, Simpang Lima, Simpang Jambo Tape, Jalan Pocut Baren, lalu kembali ke Blangpadang.

Semua peserta mengenakan pakaian muslim, yang didominasi warna putih. Mereka berjalan sambil mengumandangkan shalawat serta membawa sejumlah poster maupun spanduk yang berisi dakwah dan syiar-syiar Islam.

AmiRibuan Pelajar Meriahkan Karnaval 1 Muharramah saat melepaskan peserta menyampaikan, pawai yang dilaksanakan dalam rangka tahun baru Islam itu sebagai bentuk manifestasi atas kesungguhan dalam mengangungkan kebesaran Islam. Wali Kota berharap pelaksanaan karnaval itu mampu mendorong semangat hijrah umat Islam di Banda Aceh menuju perubahan dan kemajuan Aceh.

Ia menambahkan, karnaval tahun baru hijriah juga sebagai bentuk sumbangsih segenap elemen masyarakat dalam pelaksanaan syariat islam di Aceh maupun Banda Aceh. Ia juga mengajak umat Islam semakin peduli, seperti membantu umat Islam Rohingya. “Mari kita masuki dan mengisi tahun baru hijriah ini dengan kegiatan yang positif dan konstruktif untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik dalam bingkai Dinul Islam,” ajak Wali Kota.

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh, Akhyar selaku ketua pelakasana kegiatan menyampaikan, pemenang karnaval itu akan diberikan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan. Ia merincikan, untuk juara pertama berhak atas trofi dan dana pembinaan sebesar Rp 4 juta, juara dua Rp 3 juta, dan juara tiga Rp 2 juta. Adapun kriteria penilaiannya yakni tajwid, adab, kekompakan, dan asesoris atau alat peraga para peserta.(mun) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id