Bupati Jenguk Warga Miskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bupati Jenguk Warga Miskin

Bupati Jenguk Warga Miskin
Foto Bupati Jenguk Warga Miskin

* Upayakan Bantuan Rumah Layak Huni

CALANG – Bupati Aceh Jaya Drs T Irfan TB meninjau rumah dua warga miskin, Muhidin (50) dan Ainol Mardhiah (48) di Desa Ladang Baro, Kecamatan Panga, Aceh Jaya, Selasa (19/9). Pada kesempatan itu bupati berjanji akan mengupayakan membangun rumah layak huni kepada dua warga miskin di Desa Ladang Baro tersebut pada 2018 mendatang.

Irfan TB bersama rombongan singah ke rumah Muhidin (50) dan Ainol Mardhiah dalam rangka bersilaturrahmi dan mengantarkan sejumlah bantuan sembako. Sebelumnya ia telah memperoleh informasi ada warga di Ladang Baro yang masih hidup di rumah yang tak layah huni dan miskin. Muhidin dan Ainol Mardhiah tampak terharu saat melihat bupati datang dan singgah di rumah mereka.

Demikian pula bupati juga tampak bahagia dengan sesekali disertai canda dan tawa di rumah Nek Mardhiah. T Irfan menyebutkan saat ini jumah fakir miskin di Aceh Jaya masih banyak, baik yang belum memiliki rumah dan lapangan kerja. Ia berusaha untuk memberi bantuan kepada warga miskin secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

“Karena anggaran terbatas, maka bantuan terhadap rumah layak huni untuk warga msikin akan kita lakukan dengan skala prioritas,” jelas Drs T Irfan TB kepada wartawan. Dalam kunjungan tersebut bupati ikut didampingi kepala Dinas Sosial dan kepala Baitul Mal Aceh Jaya. Menurut bupati untuk bantuan rumah layak huni kepada kedua keluarga itu akan ditangani Dinas Sosial dan Baitul Mal.

Seperti diberitakan sebelumnya Muhidin (49) saat ditemui Serambi, Jumat (8/9) lalu hidup dalam kemiskinan bersama istrinya Rusdini (42) di pedalaman Desa Ladang Baro, Kecamatan Panga, Aceh Jaya. Di desa itu terdapat dua unit rumah yang hampir roboh. Satu di antaranya milik Muhidin (49).

Rumah seluas sekitar 3×5 meter ini pada malam hari hanya diterangi lampu teplok. Di rumah yang sempit ini pula Muhidin tinggal bersama enam anggota keluarga. Yakni istrinya Rusdini (42) berserta anak mereka Rika Safitri (21), Ronika Saputra (18) dan Maulizar Ahmad (15) serta Rangga (26), menantunya dan Rizki Auliansyah (3), cucu Muhidin.

Rumah tersebut beratap rumbia yang sebagiannya bocor hingga merembes air hujan. Senasib dengan Muhidin, di Desa Ladang Baro juga ada janda Ainol Mardhiah (50) yang tinggal tidak jauh dari rumah Muhidin. Rumah itu terlihat sudah miring ditumpangi kayu dari arah belakang agar tidak ambruk.

Bagian dinding rumah yang terbuat dari papan itu kini mulai lapuk akibat dimakan usia. Nek Mardhiah sehari-hari bekerja sebagai petani di sawah. Ia hidup dari hasil panen. Sesekali ia mendapat kunjungan seorang anaknya yang sudah bekeluarga yang juga hidupnya miskin.(c45) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id