Tahun Baru Islam Disambut Pawai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tahun Baru Islam Disambut Pawai

Tahun Baru Islam Disambut Pawai
Foto Tahun Baru Islam Disambut Pawai

MEULABOH – Ribuan orang dari berbagai daerah menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H dengan berpawai keliling jalan protokol, Kamis (21/9). Wartawan Serambi dari Aceh Barat, Nagan Raya, Blangpide dan Aceh Jaya melaporkan prosesi pawai berjalan lancar dan tertib.

Misalkan di Meulaboh, Aceh Barat pawai dimulai dari Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh dilepas Wabup Aceh Barat H Rachmat Fitri HD bersama unsur Muspida. Para peserta yang terlibat dari lembaga pendidikan TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA serta perguruan tinggi serta santri. Rute yang dilewati peserta meliputi ruas jalan protokol di Meulaboh yang dimeriahkan penampilan empat marching band.

Sebelumnya pada Rabu (20/9) malam di Masjid Agung juga dilaksanakan peringatan menyambut Tahun Baru Islam diisi dengan ceramah agama oleh Ketua MPU Tgk Abdul Rani Adian. Acara juga dirangkai dengan doa serta zikir untuk muslim Rohingya yang dipandu Tgk Mustafa Habli Lc.

Pawai akbar meriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H diikuti sejumlah kecamatan di Aceh Jaya, Rabu (20/9). Kegiatan ini melibatkan warga dan siswa sekolah dengan rute Banda Aceh-Teunom, dan sempat mengalami kemacetan di kawasan Keude Teunom dan Krueng Sabee.

“Kita juga mengisinya dengan mengadakan sejumlah lomba seperti tajhiz mayat dan khutbah jumat yang berakhir dengan ceramah agama pada Rabu malam di Keude Krueng Sabee,” kata Camat Krueng Sabee, Aceh Jaya Fajri kepada Serambi, Kamis (21/9).

Sekcam Panga Amir Rahim mengatakan setiap desa diwakilkan lima peserta. Pemandangan yang sama juga terlihat di Kecamatan Teunom yang juga melaksanakan pawai. “Pawai akbar kita laksanakan setiap tahun tepat saat menyambut 1 Muharram. Alhamdulillah kegiatan berlangsung sukses dan meriah,” kata Camat Teunom Abdul Azis.

Sementara itu ratusan siswa di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (21/9) juga mengikuti pawai menyambut I Muharram. Pawai ini melibatkan ratusan siswa SD/MI, SMP/MTs hingga SMA sederajat.

Pawai dimulai di Kompleks Mesjid Baitul Qudus, Keude Seumotn, Kecamatan Beutong. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan penampilan marching band MAN 1 Seunagan. Camat Beutong Samsuar SE dalam sambutannya mengatakan pawai merupakan bagian dari siar Islam dalam menyambut Tahun Baru Islam.

Ia juga berharap melalui pawai I Muharram generasi muda dapat terus meningkatkan ketaqwaan dan menghindari prilaku negatif di era globalisasi.

Dari Blangpidie, Kabupaten Abdya juga dilaporkan Pawai Taaruf Akbar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H, Kamis (21/9) berlangsung meriah. Pawai diikuti ribuan peserta dari santri, siswa sekolah umum dan madrasah, serta seluruh SKPK yang dimulai dari Masjid Agung Abdya, Desa Seunaloh. Peserta pawai dilepas Wakil Bupati Abdya Muslizar MT didampingi Wakapolres Abdya dan Sekda Abdya.

Wakil Bupati Muslizar MT dalam sambutannya mengatakan Pawai Taaruf Akbar tersebut bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan menjalin ukhwah islamiyah sesama umat muslim serta meningkatkan syiar Islam di Bumi Breuh Sigupai. “Melalui momentum pawai akbar ini, diharapkan dapat lebih membudayakan syiar Islam dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Wakil Bupati Abdya juga berharap dengan adanya kegiatan pawai akbar 1 Muharram menjadi wadah edukasi untuk generasi muda Abdya. “Melalui kegiatan ini dapat memupuk kesadaran generasi muda untuk tidak melupakan perayaan Tahun Baru Islam, dan dirayakan dengan nilai-nilai islami,” ungkapnya. (riz/c45/edi/c50) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id