Hijrah Hati | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hijrah Hati

Hijrah Hati
Foto Hijrah Hati

Oleh: Jarjani Usman

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Kusempurnakan kepadamu nikmatKu, dan Kuridhai Islam sebagai agama bagimu” (QS. Al Maidah: 3).

Hidup yang singkat di dunia ini semakin menyesakkan dada apabila perilaku kebanyakan orang amburadul. Seperti perilaku di jalan yang serampangan dan mengambil hak jalan orang lain, menebar kebencian dan rasa dendam di mana-mana, memelihara rasa dengki dan curiga, serta menumbuhkan rasa saling tak percaya. Namun, hidup yang singkat ini akan terasa menyenangkan dan bermakna bila rata-rata orang berperilaku baik.

Baik buruknya perilaku tentunya berasal dari hati yang baik, sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam suatu haditsnya. Hati orang-orang beriman sepatutnya sangat mulia keadaannya karena dituntun dengan ajaran Ilahi, yaitu agama Islam. Allah juga mengakui bahwa Islam lah agama yang sempurna dan diridhaiNya, yang bukan hanya menata dan menuntun setiap hal dalam kehidupan dunia tetapi juga menghubungkannya dengan kehidupan akhirat yang baik.

Karena itu, saat tibanya tahu baru Hijrah, sebagaimana telah digagas oleh Rasulullah SAW, kita sepatutnya berkenan memperbaiki perilaku diri kita sendiri. Karena perilaku tergantung keadaan hati, maka hijrah hati sangatlah penting dilakukan. Bahkan, perilaku yang baik bukan hanya penting ditunjukkan saat tahun baru Hijrah, tetapi ini menjadi momen untuk menjaga komitmen di sepanjang hayat. (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id