Pengurus DPP PDI-P Minta Irwandi Batalkan Rencana Pembelian Pesawat, Ini Alasannya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pengurus DPP PDI-P Minta Irwandi Batalkan Rencana Pembelian Pesawat, Ini Alasannya

Pengurus DPP PDI-P Minta Irwandi Batalkan Rencana Pembelian Pesawat, Ini Alasannya
Foto Pengurus DPP PDI-P Minta Irwandi Batalkan Rencana Pembelian Pesawat, Ini Alasannya

URI.co.id, BLANGPIDIE – Pengurus DPP PDI Perjuangan, Masady Manggeng mengkritisi kebijakan Gubernur Aceh, drh Irwandi Yusuf MSc yang berencana membeli pesawat udara dengan anggaran mencapai Rp 10 miliar.

“Saya kira yang perlu dilakukan Pemerintah Aceh sekarang adalah mendorong tumbuh kembang nelayan, sebagai bentuk optimalisasi peran pemerintah Aceh dalam pengelolaan kekayaan laut,” kata Masady dalam rilis kepada URI.co.id, Kamis (21/9/2017).

Tupoksi keamanan laut itu, menurut Masady, seharusnya sudah selesai di tataran negara dengan adanya TNI AL, Polri dan Bakamla dan Satgas IUU Fishing.

(Baca: Ini Alasan Irwandi Usul Beli Enam Pesawat untuk Patroli Laut Aceh)

“Pertanyaannya setelah aman kita mau ngapain?” kata pegiat kemaritiman ini.

Sebagai bentuk hadirnya Pemerintah, tambahnya, sangat efisien jika kita mendorong tumbuhnya usaha perikanan tangkap masiv di Zona Ekonomi Eklusif (ZEE). Untuk Aktif, ZEE nelayan perlu kapal 60 GT keatas, tentunya jauh lebih murah dari membeli pesawat.

(Baca: Gubernur Rencanakan Beli Pesawat Baru)

“Selanjutnya menggandeng penyedia jasa atau sebuah kerjasama usaha melibatkan nelayan untuk transfer ilmu dibidang perikanan tangkap. ZEE ramai, otomatis kegiatan-kegiatan pencurian itu bisa diminimalisir,” katanya.

Dengan begitu, menurut Masady, produksi ikan bernilai ekonomi tinggi di Aceh, akan naik disusul tumbuhnya industri-industri hilir yang mampu menyediakan lapangan kerja baru, serta mensejahterakan masyarakat dan terciptanya keamanan laut secara efektif.

(Baca: Sabu 133 Kg Disita di Laut)

“Jika nelayan kita tidak mendapatkan peningkatan kapasitas, dengan alasan nelayan kecil, dan ramai beroperasi di bawah 50 mil laut, perlu bapak Gubernur pertimbangkan dampak ekologinya. Karena zona tersebur pusat keberlanjutan ekosistem sumberdaya laut,” paparnya.

Untuk itu, putra asli Abdya ini, meminta agar Irwandi mengkaji ulang rencana pembelian pesawat tersebut.

“Maaf Pak Gubernur, kali ini saya tidak setuju dengan usulannya,” pungkasnya. (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id