Kodim Aceh Tengah Sosialisasikan Penataan Bangunan Tanggul di Danau Laut Tawar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kodim Aceh Tengah Sosialisasikan Penataan Bangunan Tanggul di Danau Laut Tawar

Kodim Aceh Tengah Sosialisasikan Penataan Bangunan Tanggul di Danau Laut Tawar
Foto Kodim Aceh Tengah Sosialisasikan Penataan Bangunan Tanggul di Danau Laut Tawar

URI.co.id, TAKENGON — Kodim 0106 Aceh Tengah turut mengambil peran dalam melakukan sosialisasi penataan pembangunan tanggul Bom-Mendale yang terletak di sisi barat Danau Laut Tawar.

Sosialisasi tersebut merupakan bagian dari kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Aceh Tengah yang diikuti para pemangku kepentingan dengan jumlah berkisar 30 orang, Selasa (19/9/2017).

Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro mengatakan penataan bangunan tanggul didasari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28/PRT/M/2015 tentang penetapan garis sempadan sungai dan garis sempadan danau.

Baca: Berwisata ke Danau Lut Tawar, Anda Diingatkan tidak Meninggalkan Sampah

“Perlu upaya strategis untuk mengembangkan wisata Danau Laut Tawar, diantaranya adalah dengan rencana pembangunan tanggul Bom-Mendale,” ungkap Letkol Inf Didit.

Didit mengatakan upaya mengembangkan wisata alam Danau Laut Tawar harus sejalan dengan kesadaran masyarakat terhadap budaya dan lingkungan, sehingga sinergi tersebut akan lebih mempercepat pengembangan wisata di daerah penghasil kopi arabika tersebut.

Sementara mewakili Bupati Aceh Tengah, Asisten Adm Pembangunan, Amir Hamzah mengatakan program pembangunan tanggul Bom-Mendale sebenarnya sudah digagas sejak lama.

Tersendatnya pembangunan karena terdapat beberapa kendala diantaranya paling utama adalah pematangan lahan yang diproyeksikan untuk tanggul.

Baca: Warga Bener Meriah Tewas Tenggelam di Danau Lut Tawar

“Selain fungsi wisata, pembangunan tanggul ini juga merupakan bagian dari upaya untuk menyelamatkan kelestarian danau dari limbah dari Kota Takengon yang selama ini masih mengalir ke danau,” ungkap Amir

Amir menambahkan, upaya lain yang harus dilakukan adalah mendorong pihak berwenang untuk memasukkan Danau Laut Tawar dalam daftar danau yang dilindungi secara nasional, karena dengan demikian dimungkinkan mendapat alokasi anggaran untuk membantu pemberdayaan masyarakat di sekitar danau.

“Melalui sosialisasi ini mari kita bersama-sama menyumbangkan pikiran kita untuk mengatasi segala kendala yang ada di lapangan agar pembangunan tanggul Bom-Mendale ini dapat terealisasi secepatnya,” tegas Amir.

Baca: 100 Tenda Se-Nusantara Lingkari Danau Lut Tawar

Turut hadir dalam sosialisasi hari itu unsur terkait seperti, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Koramil dan Polsek serta Reje sekitar di Danau Laut Tawar. (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id