Lisensi Halal Digencarkan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lisensi Halal Digencarkan

Lisensi Halal Digencarkan
Foto Lisensi Halal Digencarkan

* Bener Meriah Kumpulkan Pengusaha

REDELONG – Pemkab Bener Meriah mulai menggencarkan sosialisasi tentang lisensi usaha halal dari Balai Pengkajian Obat dan Makanan (BPOM), Departemen Kesehatan dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Bener Meriah ini menargetkan para pelaku usaha kecil dan menengah

Para pengusaha ini berkumpul di aula Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Bener Meriah di Kampung Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, Selasa (19/9). Kegiatan itu dalam rangka menciptakan iklim usaha kecil dan menengah yang kondusif dengan tolok ukur standarisasi dengan lisensi usaha halal.

Wakil Bupati Bener Meriah, Abuya Sarkawi saat membuka cara mengatakan pelaku usaha harus meningkatkan mutu barang, sehingga akan mendapat penilaian baik dari konsumen. “Bila memiliki kualitas baik, maka akan mendapat nilai tambah, tetapi harus juga memiliki lisensi dari instansi terkait,” katanya.

Dia menjelaskan teori global yang menyebutkan dengan dana minim, tetapi bisa mendapatkan hasil maksimal tidaklah benar. “Bila modal yang dikeluarkan sedikit, maka hasilnya juga tidak banyak, karena kualitas barang buruk dan tidak memuaskan konsumen,” katanya.

Abuya Sarkawi juga menyinggung tentang daerah ini telah menjadi salah satu tujuan wisatawan, baik lokal, nasional maupun internasional. Tetapi, sebutnya, destinasi wisata juga harus dibangun halal, berdasarkan Qanun Syariat Islam Aceh.

“Kita berharap, akan muncul lagi kawasan wisata baru, tetapi produk unggulan daerah juga harus diciptakan, seperti barang kerajinan, makanan dan lainnya,” ujarnya. Dia menyatakan jika wisata berjalan dengan baik, maka seluruh sektor industri kreatif juga akan tumbuh, baik souvenir maupun makann yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan pulang ke daerah asalnya.

Dia menambahkan sebagai penghasil kopi Arabika, para pelaku usaha juga harus memperhatikan mutu produks dan makanan berstandar halal “Lisensi itu penting, tapi lebih penting lagi produks itu sendiri,” katanya. Dikatakan, dalam rangka menyambut 2018, maka berbagai persiapan harus dilakukan, sehingga sektor wisata daerah ini semakin maju.

Sedangkan panitia kegiatan peserta yang mengikuti sosialisasi standarisasi lisensi usaha halal berjumlah 50 orang. Disebutkan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari sampai Rabu (20/9) dengan narasumber dari club Aceh, BPOM Aceh dan Dinas Kesehatan Bener Meriah.(c51) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id