Calon Raja dan Ratu Baca Dites | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Calon Raja dan Ratu Baca Dites

Calon Raja dan Ratu Baca Dites
Foto Calon Raja dan Ratu Baca Dites

BANDA ACEH – Sebanyak delapan finalis calon Raja dan Ratu Baca Tahun 2017, Senin (18/9), mengikuti tes tahap kedua. Tes berupa presentasi dan wawancara itu berlangsung di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, kawasan Lampineung, Banda Aceh. Finalis tersebut terdiri atas empat peserta putra dan empat putri.

Finalis tersebut yaitu Maman Abdullah, Saiful Anwar, Heri Mulyadi, Rian Rahmad, Nova Safrianti, Siti Ifrohatis, Amalia Filianda, dan Rahmayanti. Mereka mempresentasikan tentang ‘perpustakaan dan minat budaya baca’ di depan dewan juri yang terdiri atas praktisi, akademisi, pustakawan, serta unsur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsiapan Arsip, Zulkifli SPd MPd, saat dikonfirmasi Serambi, sore kemarin, mengatakan, pemilihan raja dan ratu baca itu dilaksanakan pihaknya dalam rangka menumbuhkembangkan minat baca di semua kalangan masyarakat Aceh, terutama pelajar mulai dari murid PAUD hingga mahasiswa.

“Kami berharap pemilihan raja dan ratu baca ini akan menginspirasi semua pihak untuk terus mengunjungi perpustakaan dan akhirnya meningkatkan minat baca. Sehingga, wawasan dan pengetahuan masyarakat Aceh akan bertambah,” ungkap Zulkifli.

Sebagai bentuk apresiasi kepada yang terpilih sebagai raja dan ratu baca tahun 2017, menurut Zulkifli, mereka nanti akan menjadi pelopor setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, terutama acara-acara yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Aceh secara umum.

“Hal ini sesuai dengan harapan Gubernur Aceh, Pak Irwandi Yusuf agar masyarakat Aceh dapat membaca bacaan-bacaan yang bertanggung jawab, bukan bacaan-bacaan hoax yang akhirnya dapat menghancurkan peradaban dan budaya kita,” demikian Zulkifli.

Ketua Panitia, Muhammad Zaini SSos, kepada Serambi, Selasa (19/9), mengatakan, finalis itu merupakan peserta yang lolos pada seleksi tahap pertama (tes tulis) yang dilaksanakan pihaknya pada 12 September 2017. “Dari 62 peserta yang ikut ujian tulis, hanya delapan orang yang dinyatakan lolos ke tes tahap kedua,” ujar Zaini.

Aspek yang dinilai pada tes itu, sebutnya, meliputi penampilan, attitude (etika), wawasan, literasi, dan teknik presentasi. Dikatakan, peserta yang meraih nilai terbanyak pada tes tahap kedua itu akan dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Baca Tahun 2017.

“Hasil tes tersebut diumumkan pada acara Hari Kunjung yang rencananya akan kita adakan pada awal Oktober mendatang,” pungkas Muhammad Zaini yang juga Kepala Bidang (Kabid) Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh ini.(jal) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id