Jalur Laut Simeulue Lumpuh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jalur Laut Simeulue Lumpuh

Jalur Laut Simeulue Lumpuh
Foto Jalur Laut Simeulue Lumpuh

TAPAKTUAN – Jalur penyeberangan Labuhanhaji (Aceh Selatan) ke Sinabang (Simeulue) lumpuh akibat rusaknya KMP Labuhanhaji sejak Sabtu (16/9) malam. Hingga tadi malam tidak kurang 400 penumpang yang harusnya menyeberang tiga hari lalu ‘terlantar’ di Labuhanhaji.

Informasi yang diterima Serambi, KMP Labuhanhaji yang berangkat ke Sinabang pada Sabtu (16/9) pukul 22.00 WIB harus kembali ke pelabuhan setelah sekitar satu jam berlayar karena terjadi gangguan pada mesin kapal. Ada sekitar 400 penumpang plus puluhan unit kendaraan dan barang yang diangkut KMP Labuhanhaji pada jadwal pelayaran malam itu.

Hingga tadi malam, sebanyak 400 penumpang yang umumnya warga Simeulue harus ‘berumah’ di kapal atau menempati ruang-ruang yang memungkinkan di komplek Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji.

“Ya benar, KMP Labuhanhaji rusak dan sekarang sedang dalam perbaikan. Penumpang 400 orang, menginap di kapal. Mereka tertahan di pelabuhan sejak hari Sabtu. Insya Allah kalau tidak ada kendala besok pagi akan tiba KMP Teuluk Sinabang,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Labuhanhaji, Yulmahendra saat dikonfirmasi Serambi, Senin (18/9).

Yulmahendra mengatakan, sesuai jadwal, KMP Teluk Sinabang berlayar dari Sinabang ke Labuhanhaji pada Senin malam dan merapat di Labuhanhaji pada Selasa pagi. Selanjutnya pada Selasa malam berlayar kembali ke Sinabang. “Diharapkan semua penumpang yang sudah tertunda keberangkatan dengan KMP Labuhanhaji bisa terangkut dengan KMP Teluk Sinabang,” kata Yulmahendra.

Informasi dari salah seorang staf PT ASDP Perwakilan Sinabang membenarkan terganggunya transportasi laut dari Labuhanhaji-Sinabang akibat kerusakan KMP Labuhanhaji. “KMP Teluk Sinabang berlayar ke Labuhanhaji pada Senin malam, insya Allah persoalan segera teratasi,” kata M Aulia Tinambunan, staf PT ASDP di Sinabang.

Untuk diketahui, penyeberangan dari daratan Aceh (Singkil, Labuhanhaji, Meulaboh) ke Sinabang (Simeulue) dilayari dua feri yaitu KMP Labuhanhaji dan KMP Teluk Sinabang.

Dari Sinabang-Labuhanhaji dilayari oleh KMP Teluk Sinabang setiap Senin malam pada pukul 22.00 WIB dan Jumat malam dengan KMP Labuhanhaji.

Dari Labuhanhaji-Sinabang dilayari oleh KMP Teluk Sinabang setiap Selasa malam dan KMP Labuhanhaji setiap Sabtu malam.

Jalur Sinabang-Singkil dilayari KMP Labuhanhaji setiap Rabu malam dan Minggu malam. KMP Labuhanhaji juga melayari Singkil-Sinabang setiap Kamis malam.

Sedangkan jalur Sinabang-Meulaboh dilayari KMP Teluk Sinabang setiap Kamis sore dan Sabtu sore pukul 18.00 WIB dan Meulaboh-Sinabang setiap Jumat dan Minggu pukul 14.00 WIB.(tz/sm/nas) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id