Warga Aceh Timur Serahkan AK-47 dan GLM ke Kodim | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Aceh Timur Serahkan AK-47 dan GLM ke Kodim

Warga Aceh Timur Serahkan AK-47 dan GLM ke Kodim
Foto Warga Aceh Timur Serahkan AK-47 dan GLM ke Kodim

LANGSA – Kodim 0104/Aceh Timur menerima penyerahan senjata api (senpi) jenis senapan serbu AK-47, grenade launching machine (GLM) rakitan, amunisi, dan tabung pelontar antipersonel dari seorang warga Desa Jambo Balee, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur.

“Senpi AK-47 itu nomor serinya telah dihapus, sedangkan GLM hasil rakitan. Diserahkan juga 15 butir amunisi beserta dua magasin, dan satu tabung pelontar antipersonel kepada intel Kodim setempat,” kata Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar SE, kepada Serambi, Senin (18/9).

Menurut Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, penyerahan senjata ini merupakan bentuk kesadaran dan kepercayaan masyarakat kepada aparat keamanan, khususnya TNI yang dapat menjaga kondusivitas keamanan di wilayah Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, dan Kabupaten Aceh Tamiang.

“Warga yang menyerahkan senpi ini murni atas kesadarannya. Mulai timbul kesadaran bahwa senpi itu tidak berhak mereka pegang atau miliki, kecuali aparat keamanan di NKRI,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dandim 0104/Aceh Timur juga mengimbau kepada masyarakat apabila masih memegang, menguasai, atau mengetahui keberadaan senpi ilegal tersebut, agar dapat menyerahkannya kepada aparat TNI atau Polri terdekat.

Kemudian bagi yang hendak menyerahkan senpi, jangan ragu atau takut karena tidak akan dijatuhi sanksi hukum.

Dandim mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada warga Aceh Timur yang telah sukarela menyerahkan senpi kepada pihak TNI dan Polri.

Dijelaskannya, penyerahan senpi ini menjadi bukti pentingnya kehadiran TNI melalui kegiatan Operasi Teritorial (Opster) Tahun 2017 di wilayah Aceh Timur, sehingga kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat dapat membawa ketenangan dan keamanan di tengah masyarakat.

Catatan Serambi, penyerahan senjata api (senpi) dari mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) terus berlangsung, terutama di Aceh Barat. Mantan anggota komando pasukan GAM Pusat, Tgk Seulimum, menyerahkan sepucuk senpi jenis SS1 ke Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Inf Herry Riana Sukma di Meulaboh, Sabtu (16/9).

Senpi laras panjang yang masih aktif itu diserahkan bersama magasin dan 17 butir pelurunya. Penyerahan senpi ke Dandim Aceh Barat itu merupakan yang kedua kalinya dalam pekan ini. Sebelumnya, Senin 11 September 2017 mantan GAM di Aceh Barat juga menyerahkan sepucuk senpi AK-56. Sedangkan pada 14 September 2017, mantan gubernur GAM di wilayah itu menyerahkan sepucuk senpi M-16 ke Kapolres Aceh Barat.

Menariknya, penyerahan senpi-senpi bekas konflik itu seluruhnya didahului dengan upaya pendekatan khusus oleh anggota TNI atau Polri di kasawan itu, sehingga pihak penyimpan senpi bersedia menyerahkannya secara sukarela. (zb) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id