Mukhtar Fatawi Penceramah 1 Muharam di Masjid Raya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mukhtar Fatawi Penceramah 1 Muharam di Masjid Raya

Mukhtar Fatawi Penceramah 1 Muharam di Masjid Raya
Foto Mukhtar Fatawi Penceramah 1 Muharam di Masjid Raya

* Pawai Berhadiah Rp 38 Juta

BANDA ACEH – Dai nasional, KH Mukhtar Fatawi akan menjadi penceramah tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (20/9) atau besok malam seusai shalat Isya. Sedangkan pembacaan Ayat Quran oleh Takdir Feriza SPdi, qari terbaik Aceh yang sudah dua kali Ramadhan diundang ke Turki untuk jadi imam di sana.

Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan (Isra) Aceh, Ir Sulaiman AW MP menyampaikan hal ini kepada Serambi kemarin. Menurutnya, KH Mukhtar Fatawi merupakan salah satu penceramah di salah satu tv swasta nasional melalui Program Damai Indonesiaku, juri Program Dai Cilik, serta Pimpinan Pesantren Nurul Furqan, Serang, Banten.

“Di Masjid Raya nanti beliau akan berceramah dengan tema ‘Hijrah Membentuk Pribadi Bermental Tangguh, Berkarakter, serta Bertamadun’,” kata Ir Sulaiman AW.

Didampingi Nota Dinas Kabag Agama dan Peran Ulama Biro Isra Setda Aceh, H Sulaiman Hasan Lc MA, Sulaiman AW mengatakan Gubernur Aceh, drh Irwandi Yusuf berharap masyarakat hadir pada acara dilaksanakan Pemerintah Aceh melalui Panitia Penyelenggara Peringatan Hari-hari Besar Islam (P3HBI) itu.

Masih dalam rangka memperingati 1 Muharam 1439 Hijriah, kata Sulaiman AW, keesokannya, Kamis (21/9), Pemerintah Aceh menggelar pawai yang start-nya di lapangan Blangpadang, Banda Aceh pukul 07.30 WIB.

Pawai diikuti tim murid PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/sederajat akan dilepas Wali Kota Banda Aceh, AmiMukhtar Fatawi Penceramah 1 Muharam di Masjid Rayaah Usman. Kemudian peserta akan melintasi depan Pendopo Gubernur Aceh yang sudah ditunggu Gubernur Irwandi Yusuf bersama Forkopimda dan Kepala SKPA.

Tim peserta ini memperebutkan total hadiah Rp 38 juta yang akan diumumkan dan dibagi seusai acara ini di titik finis lapangan Blangpadang. Juara I untuk setiap kategori ini masing-masing Rp 4 juta, juara II Rp 3 juta, dan juara III Rp 2,5 juta. Masing-masing tim juara juga memperoleh satu trophy. “Setiap regu juga mendapat biaya partisipasi Rp 400 ribu,” sebut Sulaiman AW.

Adapun yang dibaca peserta saat pawai ini, kata Sulaiman adalah salawat badar atau tala’al badru ‘alaina. Sedangkan bidang penilaiannya kemerduan suara, keutuhan lagu, keserasian suara dan lagu, tajwid, fashahah, dan waqaf wal ibtida’. Adab dan pakaian juga dinilai, yaitu jumlah peserta satu regu 30-40 orang, keindahan pakaian muslim/muslimah, dan kerapian barisan.

“Selain itu, tidak bercampur lelaki dan perempuan atau tidak berpasangan serta tidak membuang sampah sembarangan. Untuk asesoris/perlengkapan, yaitu kendaraan hias yang tidak bermesin, beduk/rebana, dan barner/spanduk,” sebut Sulaiman AW.

Menurutnya, pendaftaran peserta di Masjid Raya Baiturrahman yang sudah dibuka sejak 13 September 2017 sudah ditutup, 17 September 2017. Nama-nama peserta yang telah ditandatangani Kepala Sekolah juga sudah ada pada panitia. (sal) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id