Ahmadi Segera Menuju Istanbul | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ahmadi Segera Menuju Istanbul

Ahmadi Segera Menuju Istanbul
Foto Ahmadi Segera Menuju Istanbul

* Pimpin Pameran Festival Kopi

REDELONG – Bupati Bener Meriah, Ahmadi SE akan segera menuju Istanbul, Turki, salah satu negara yang berada di antara Benua Asia dan Eropa yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan. Kedatangan Ahmadi untuk memimpin rombongan pengusaha yang akan mengikuti ‘Coffee Festival’ yang digelar dari 21 sampai 24 September 2017.

“Rombongan yang saya pimpin merupakan para pelaku usaha kopi, mulai dari pengelola koperasi, pengusaha kopi dan penguji cita rasa kopi Q Grader (Arabika) dan R Grader (Robusta) dan penyeduh kopi,” ujarnya dalam konferensi pers di ruang kerjanya, Senin (18/9). Dia mengatakan tiga pejabat Bener Meriah juga berangkat, termasuk dirinya.

Disebutkan, rombongan terdiri dari perwakilan Koperasi Gayo Mandiri lima orang, Koperasi Redelong Organik dua orang, R Grader dan Q Grader masing-masing dua orang. Dia menjelaskan kegiatan ini dalam rangka mempromosikan kapo Gayo ke negeri Atarturk itu.

“Melalui Festival Kopi di Istanbul, kami berharap akan ada pengusaha kopi Turki yang berminat mengimpor langsung dari Bener Meriah,” ujarnya. Ahmadi juga mengatakan kawasan Eropa Tengah, termasuk Turki merupakan pecinta kopi Arabika terbesar.

Disebutkan, setiba di Istanbul, sejumlah agenda acara akan diikuti, terutama stand pameran. “Kami akan bertemu Komjen RI untuk menemui para pengusaha Turki untuk menawarkan berbagai kemudahan mengimpor kopi dari Bener Meriah,” ujarnya.

Dia mengatakan pihak Turki telah mempersiapkan 150 pembeli lebih untuk melakukan pertemuan dengan pihaknya. Dikatakan, kopi yang akan dibawa ke Turki, di antaranya Arabika Gayo speciality dengan beberapa varian-varian lain seperti peaberry, luwak dan natural.

Ahmadi menyatakan kopi Arabika khusus ini diambil dari ketinggian yang berbeda, mulai dari 1.200 meter dari permukaan laut (MDPL), 1.400 MDPL dan 1.600 MDPL. “Pada setiap ketinggian, akan menghasilkan cita rasa kopi yang berbeda. Insya Allah, rencana kami berada di Turki selama lima hari dan langsung kembali seusai festival ditutup,” ujarnya.

Dia menyatakan festival kopi yang digelar di Istanbul merupakan sebuah peluang besar bagi pengusaha daerah ini untuk menggaet pembeli baru. “Jika pembeli luar negeri semakin banyak, maka kepastian harga kopi akan lebih terjamin dan kesejahteraan juga akan terus meningkat,” jelasnya.

Ahmadi mengakui kopi yang beredar di Turki tidak dari Gayo, tetapi Amerika Latin. “Selaku penghasil arabika kita merasa rugi, mudah-mudahan dengan acara festival nantinya, kita bisa langsung berhubungan dengan para pembeli yang ada disana,” harapnya.(c51) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id