Distop Anggota Brimob, Dua Warga Aceh Timur Kabur dan Tinggalkan Satu Karung, Ini Isinya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Distop Anggota Brimob, Dua Warga Aceh Timur Kabur dan Tinggalkan Satu Karung, Ini Isinya

Distop Anggota Brimob, Dua Warga Aceh Timur Kabur dan Tinggalkan Satu Karung, Ini Isinya
Foto Distop Anggota Brimob, Dua Warga Aceh Timur Kabur dan Tinggalkan Satu Karung, Ini Isinya

URI.co.id, LANGSA – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah III Aceh, Senin (18/9/2017) menerima penyerahan satu ekor Orang Utan Sumatera (Pongo Pigmaeus Sumatreinsis) dari Brimob Sub Den 2 Den B Pelopor Polda Aceh.

Orang Utan itu diserahkan Danki Brimob Sub Den 2 Den B Pelopor Polda Aceh di Aramiah, AKP Anton, kepada Staf KPH Wilayah III Aceh, Aang Kunaifi SHut.

Selanjutnya diserahkan ke BKSDA Resort VI Langsa, di Mako Brimob setempat, di Aramiah, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur.

Penyerahan juga disaksikan tokoh masyarakat Langsa, H Marlon, anggota Polhut KPH III Wilayah Aceh, Hadi Gustian, dan staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort VI Langsa, Suparman, di Mako Brimob setempat.

(Baca: 18 WNI yang Kabur dari Suriah Dibawa Densus 88 ke Mako Brimob)

Danki AKP Anton, di sela penyerahan Orang Utan ini kepada URI.co.id mengatakan, Orang Utan ini disita dari masyarakat saat pihaknya melakukan patroli kamandahan di kawasan hutan Kecamatan Peunaron, Aceh Timur dua pekan yang lalu.

Saat itu dua masyarakat mengendarai sepmor terlihat membawa sebuah karung, setelah di stop mereka kabur.

Kemudian saat karung yang mereka tinggalkan diperiksa, ternyata di dalamnya berisikan Orang Utan tersebut.

(Baca: BREAKINGNEWS: Dua Pelaku Penculikan di Bireuen Ditangkap di Langsa, Ini Senjata Api yang Disita)

Karena Orang Utan ini adalah hewan dilindungi, maka pihak Brimob langsung menyitanya dan membawa Orang Utan ini untuk diamankan sementara ke Mako Brimob di Aramiah.

Selanjutnya pihak Brimob, menghubungi KPH Wilayah III Aceh untuk menyerahkan Orang Utan agar dapat dikembalikan ke habitat aslinya.

Staf KPH Wilayah III Aceh, Aang Kunaifi SHut, kepada Serambi, mengatakan, pihak KPH menerima Orang Utan Sumatera jenis betina ini dari pihak Brimob, selanjutnya dibawa ke Pusat Rehabilitasi di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Kita dari KPH Wilayah III Aceh bersama BKSDA Resort VI Langsa, membawa langsung Orang Utan ini ke Sibolangit, Deli Serdang, Sumut, untuk diserahkan ke lembaga Orang Utan Information Center (OUIC), ” sebut Aang. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id