Keadaan Diri | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Keadaan Diri

Keadaan Diri
Foto Keadaan Diri

Oleh: Jarjani Usman

“Barangsiapa yang Allah kehendaki baik, maka dia akan diberikan pemahaman dalam agama” (HR. al Bukhari).

Setiap diri kita diajak untuk sering membaca perkembangan keadaan diri. Terdapat tanda-tanda pada diri yang memberi petunjuk apakah kita sedang dalam kebaikan atau sedang menuju kepada keburukan.

Memperoleh harta yang banyak belum tentu merupakan suatu pertanda bahwa diri kita sedang baik dan sedang dimurahkan rezeki, sehingga perlu disambut gembira. Apalagi tak jarang sebahagian orang sangat bergembira karena memperoleh harta yang banyak, walaupun dengan dengan cara yang tidak halal. Kegembiraan seperti itu merupakan pertanda buruk bagi diri sendiri, karena menjadi hamba uang dan harta.

Sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits, bila seseorang sedang menuju kepada kebaikan, ia diberikan kesenangan hati dan dorongan untuk belajar agar memperoleh pemahaman yang benar tentang ilmu agama. Tentunya ilmu agama yang menuntun untuk hidup yang benar di jalan Allah.

Bukan (ilmu agama) untuk disombongkan di kalangan masyarakat atau untuk ditunggangi dalam rangka meraih kekuasaan. Siapapun bisa terjebak untuk menjadikan agama sebagai alat menuju kekuasaan, karena kekuasaan begitu dahsyat menggoda. Namun begitu berkuasa, aturan-aturan agama yang mengatur bagaimana sepatutnya bersikap dan berperilaku malah diabaikan. Keadilan diabaikan demi memperturutkan hawa nafsu kelompok sendiri. Yang haram bukan dicegah, tetapi semakin digalakkan. Pemuja diirinya dijadikan teman dekat, pengeritik dan pemberi masukan dijauhi dan bahkan dijadikan musuh. (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id