Dikira Gas, Ternyata Asap dari Arde | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dikira Gas, Ternyata Asap dari Arde

Dikira Gas, Ternyata Asap dari Arde
Foto Dikira Gas, Ternyata Asap dari Arde

BANDA ACEH – Semburan asap yang keluar secara tiba-tiba di depan rumah milik Hamdani di Desa Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat (15/9) sore sempat membuat heboh warga setempat. Betapa tidak, asap yang keluar dari kabel penangkal petir atau arde setelah sebelumya terendam air sempat dikira gas.

Ferry Suganda yang menempati rumah tersebut kaget bukan kepalang. Dia langsung melaporkan kejadian itu ke Koramil dan Polsek Syiah Kuala yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Petugas kemudian turun ke lapangan untuk melihat langsung dan menarik garis polisi di depan rumah itu.  

Esoknya, Sabtu (16/9), Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, terjun ke lokasi dan melakukan pendeteksian. Hasil dari mesin deteksi gas ternyata asap tersebut bukan berasal dari gas alam tapi dari kesalahan pemasangan kabel penangkal petir yang menyebabkan timbul asap.

“Tadi sudah kita cek dengan gas detektor ternyata memang tidak ada indikasi (asap) berasal gas alam atau gas rawa. Kalau gas rawa itu biasanya ada unsur metana atau gas sulfur. Tapi ternyata tidak terdeteksi,” kata Joni, Kabid Migas didampingi Kepala ESDM Aceh, Akmal Husen.

Dia menduga, penyebab keluarnya asap kemungkinan karena adanya kesalahan dari pemasangan arde. “Ini lebih mengarah ke instalasi listrik karena di lokasi keluar asap kita temukan arde. Ini tidak berbahaya, tinggal dibenarkan instalasi listriknya, insya Allah tidak apa-apa lagi,” ujarnya.

Joni menjelaskan bahwa gas bisa saja muncul setelah terjadinya kemarau panjang lalu turun hujan lebat. Tetapi kejadian itu tidak dilaporkan dan sering terjadi di Aceh. “Jadi ada gas yang terjebak di dalam batuan atau pasir. Ketika ada yang menggali sumur gas itu bisa keluar atau keluar dengan sendirinya,” demikian Joni.

Kemarin, pihak PLN juga langsung memperbaiki instalasi listrik di rumah Hamdani setelah petugas dari ESDM Aceh memastikan bahwa asap itu bukan dari semburan gas alam.(mas) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id