Mesin Pengganti Fungsi Jantung RSUDZA Rusak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mesin Pengganti Fungsi Jantung RSUDZA Rusak

Foto Mesin Pengganti Fungsi Jantung RSUDZA Rusak

* Ratusan Pasien Dirujuk ke RS Medan

BANDA ACEH – Heart Lung Machine atau mesin pengganti fungsi jantung dan paru di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA), hampir sebulan tidak berfungsi. Mesin itu rusak sejak penanganan jantung paripurna mandiri pada 11 Maret lalu. Akibatnya, seratusan pasien jantung di RSUDZA itu terpaksa dirujuk ke rumah sakit di Medan dan Jakarta.

Direktur RSUDZA, dr Fachrul Jamal SpAn KIC kepada Serambi kemarin mengatakan, salah satu komponen mesin, yang berfungsi sebagai distributor aliran listrik (Power supply) terbakar, sehingga mesin itu tak bisa dinyalakan “Kami menduga penyebabnya karena tidak stabilnya listrik. Menurut teknisi dari Jakarta power supply-nya saja yang rusak,” ujarnya, seraya mengaku harga komponen itu berkisar Rp 200 jutaan, sedangkan harga 1 unit mesin Rp 3 miliar lebih.

Dia menambahkan, pihaknya telah berupa mengatasi masalah itu dengan menyewa mesin serupa dari Jakarta. Namun tidak ada titik temu dengan pihak penyewa, dan jasa pengiriman. “Maskapai penerbangan tak mampu membawa mesin itu, karena tidak muat di cargo. Kalau lewat jalur darat, pihak penyewa tak mau ambil risiko bila terjadi kerusakan dalam pengiriman,” ulasnya.

Pada bagian lain, Direktur RSUDZA itu juga menjelaskan, bahwa hal yang paling mungkin dilakukan saat ini adalah menunggu komponen power supply yang sudah dipesan dari Jerman. Sebab, katanya, alat itu tidak dijual di Indonesia. “Jadi kami putuskan menunggu komponen tiba. Untuk sementara, kami menangani pasien bedah jantung ringan saja,” kata Fachrul, dan mencontohkan tindakan yang bisa dilakukan tim bedah jantung RSUDZA saat ini seperti bedah pembuluh darah di sekitar jantung, tanpa harus membelah otot jantung.(fit) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id