Belasan Pejabat Panen Raya di Montasik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Belasan Pejabat Panen Raya di Montasik

Belasan Pejabat Panen Raya di Montasik
Foto Belasan Pejabat Panen Raya di Montasik

ACEH BESAR – Belasan pejabat dari Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (16/9) pagi, melakukan panen raya padi secara simbolis di Desa Atong/Bueng Tujoh, Kecamatan Montasik, Aceh Besar. Kegiatan itu terlaksana atas kerja sama Kodam Iskandar Muda (IM) dan Pemkab Aceh Besar.

Dari provinsi, pejabat yang hadir antara lain Wakil Sementara (WS) Panglima Kodam (Pangdam) IM Brigjen TNI Rahmat Pribadi, Gubernur Aceh yang diwakili Asisten II Setda Aceh Syaiba Ibrahim, Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh Hasanuddin Darjo, Kepala Perum Bulog Divre Aceh, Dandim 0101/BS Letkol Inf Iwan Rosandriyanto SIP, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Sementara dari Aceh Besar, hadir Bupati Mawardi Ali bersama unsur Forkompimda, Kadis Pertanian Ahmad Tarmizi, dan Muspika Montasik. Selain it,u juga hadir Staf Ahli Menteri Pertanian RI Ir Mukhti Sarjono MS, aparat desa,, mukim, tokoh masyarakat, penyuluh, dan petani setempat.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan, saat ini produksi padi di kabupaten itu sudah surplus. Sehingga, kelebihannya jadi cadangan untuk Banda Aceh dan Sabang. Menurutnya, hal itu dicapai berkat kerja sama mulai dari kecamatan sampai ke kelompok tani. “Keberhasilan ini juga tak terlepas peran dan pendampingan yang dilakukan TNI-AD terhadap petani mulai dari penanaman sampai pascapanen,” ungkapnya.

Kendati sudah surplus, menurut Mawardi, pembangunan sektor pertanian di Aceh Besar khususnya komoditi padi, masih dihadapkan pada beberapa kendala. Di antaranya, banyak jaringan irigasi rusak yang belum diperbaiki, sekitar 1.000 hektare lahan yang rusak akibat tsunami belum bisa digarap, serta alat-alat dan mesin pertanian (alsintan) masih kurang. “Untuk itu, kami mohon bantuan Pemerintah Aceh dan Pusat untuk mencari solusi terhadap kendala tersebut,” harap Bupati Aceh Besar.

Wakil Sementara (WS) Pangdam IM, Brigjen TNI Rahmat Pribadi berharap, hasil panen itu dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga petani. “Petani bersama Pemkab harus melakukan berbagai upaya agar produktivitas padi terus meningkat. TNI-AD khususnya Kodam IM siap memberi dukungan penuh dan terus menerus demi terwujudnya ketahanan pangan dan meningkatnya kesejahteraan petani seperti yang diprogramkan pemerintah,” ungkapnya.

Brigjen TNI Rahmat Pribadi juga menyampaikan apresiasi dan rasa bahagianya karena panen raya tersebut bisa mencapai produksi yang maksimal. Turut memberikan sambutan, Asisten II Setda Aceh, Syaiba Ibrahim, serta Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Hasanuddin Darjo.

Kadis Pertanian Aceh Besar, Ahmad Tarmizi, kepada Serambi, seusai panen itu, menyebutkan, lahan sawah di Montasik mencapai 1.350 hektare (Ha). Namun, yang ditanam dan dipanen pada musim gadu 2017 seluas 600 Ha. “Secara umum, produksi padi di Aceh Besar sudah cukup bagus yaitu bisa mencapai 7 ton per hektare,” kata Ahmad Tarmizi.(jal) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id