Tahun Ini 102 Mahasiswa Aceh Lolos ke Timur Tengah, Terbanyak dari Tahun Sebelumnya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tahun Ini 102 Mahasiswa Aceh Lolos ke Timur Tengah, Terbanyak dari Tahun Sebelumnya

Tahun Ini 102 Mahasiswa Aceh Lolos ke Timur Tengah, Terbanyak dari Tahun Sebelumnya
Foto Tahun Ini 102 Mahasiswa Aceh Lolos ke Timur Tengah, Terbanyak dari Tahun Sebelumnya

 
URI.co.id, BANDA ACEH – Sebanyak 102 calon mahasiswa asal Aceh yang menempuh pendidikan di Timur Tengah akan dilepas keberangkatannya sekaligus dipeusijuek oleh Sekda Aceh, Dermawan di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Sabtu (16/9/2017) malam ini.

Para mahasiswa merupakan putra putri Aceh hasil seleksi nasional yang dilaksanakan Kementerian Agama RI secara serentak di 12 UIN se-Indonesia pada Mei lalu.

Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Tgk H Muhammad Fadhil Rahmi Lc kepada URI.co.id, mengatakan jumlah calon mahasiswa dari Aceh yang lulus tes ke Timur Tengah untuk tahun ini yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya.

(Baca: Rektor UIN Farid Wajdi tidak Berdoa Lagi untuk Timur Tengah, Ini Alasannya)

“Tahun lalu misalnya, hanya 26 orang yang lulus dari 281 peserta. Tahun ini lulus 119, yang positif berangkat 102 saja. Yang lain tidak berangkat karena alasan finansial,” katanya.

(Baca: Alumni Timur Tengah Apresiasi Komitmen Bupati Akmal Ibrahim untuk Melatih Kader Alquran)

Dia menjelaskan, untuk Aceh proses seleksi dilaksanakan di UIN Ar-Raniry yang diikuti oleh 240 pemuda-pemudi Aceh yang berasal pesantren modern dan dayah tradisional serta madrasah negeri dan swasta.

(Baca: VIDEO: Nuansa Timur Tengah di Masjid Baitul Musyahadah Seutui)

Dari hasil seleksi hanya 119 orang yang berhasil meraih nilai passing grade 6,5 sebagai syarat kelulusan. Seleksi masuk perguruan tinggi Timur Tengah tersebut diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh kabupaten kota di Aceh. (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id