Gubernur Launching Peta NKRI 2017 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Launching Peta NKRI 2017

Gubernur Launching Peta NKRI 2017
Foto Gubernur Launching Peta NKRI 2017

* Di Tugu Nol Kilometer

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf melaunching peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) edisi 2017 dan pencanangan Gerakan Menebar Sejuta Peta Untuk Negeri di Kilometer Nol Sabang, Jumat (15/9). Peluncuran itu dilakukan gubernur bersama Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof Ir Hassanuddin Z Abidin MSc dan Wali Kota Sabang, Zulkifli Adam.

Dalam sambutannya Irwandi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat karena telah memilih Sabang sebagai tempat peluncuran Peta NKRI 2017. “Mudah-mudahan berkah sebagai kota titik nol Indonesia dan menjadi pemicu semangat kita untuk memperkuat kedaulatan NKRI dari kota wisata ini,” katanya.

Gubernur menyatakan, peluncuran peta NKRI tersebut merupakan satu rangkaian dengan berbagai kegiatan lain dalam rangka memperingati hari informasi geospasial yang jatuh pada 17 Oktober 2017. Menurutnya, rangkaian kegiatan di Aceh telah dimulai sejak 13 September, dan dilanjutkan dengan diseminasi peraturan perundang-undangan Informasi Geospasial di Banda Aceh kemarin.

Irwandi mengatakan, kehadiran peta baru NKRI akan sangat membantu penegasan kedaulatan kita atas wilayah NKRI. Aktivitas navigasi kapal juga semakin terukur, demikian juga dalam pengelolaan sumber daya alam, semuanya menjadi jelas, sehingga tidak ada lagi keraguan mengenai batas-batas negara. “Kejelasan itu kita pertegas lagi dalam peluncuran secara resmi Peta NKRI yang terbaru di Kota Sabang ini,” katanya.

Kehadiran Peta ini diharapkan tidak sekedar menggambarkan posisi Indonesia dalam lingkaran dunia, tapi juga sebagai langkah awal untuk menghadirkan tentang Peta yang lebih konkrit tentang kondisi geospasial berbagai wilayah daerah di Indonesia. “Peta ini akan sangat bermanfaat sebagai acuan untuk perencanaan pembangunan agar lebih terarah, lebih akurat dan tepat sasaran,” pungkas Irwandi.(dan) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id