Diteken, Kesepakatan Melindungi Sumber Air | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Diteken, Kesepakatan Melindungi Sumber Air

Diteken, Kesepakatan Melindungi Sumber Air
Foto Diteken, Kesepakatan Melindungi Sumber Air

BANDA ACEH – Kesepakatan bersama perlindungan sumber air ditandatangani di Kecamatan Putri Beutong, Gayo Lues, Jumat (15/9) antara pihak kehutanan dengan masyarakat pengguna air.

Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Aceh, Ir Saminuddin B Tou MSi kepada Serambi menginformasikan, untuk perlindungan sumber air sub-DAS Lawe Mokap, ditandatangani oleh Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KKPH) Wilayah VI, Kabid Pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah II, Keuchik Lawe Cimanok, Keuchik Lawe Sawah, dan Keuchik Lawe Didi, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan.

Sedangkan kesepakatan bersama perlindungan sumber air pada sub-DAS Rikit Gaib, oleh KKPH Wilayah V, Kabid Pengelolaan BBTNGL Wilayah II, Direktur PDAM Tirta Sejuk, Pengulu Kampung Sangir, Pengulu Kampung Blang Temung, Pengulu Kampung Pangur, Pengulu Kampung Pepalan, Pengulu Kampung Uning Gelung, dan Pengulu Kampung Panglime Linting, Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues. Kedua kesepakatan juga diteken Kadis LHK Aceh bersama Kepala Balai Besar TNGL, Ir Misran MM.

Kesepakatan bersama yang difasilitasi oleh USAID Lestari itu akan berlangsung selama empat tahun dan dapat diperpanjang setelah dievaluasi.

“Dengan kesepakatan ini diharapkan masyarakat sebagai pihak yang paling berkepentingan akan terus menjaga dan melestarikan sumber-sumber air yang mereka butuhkan. Berbagai kegiatan ilegal di sekitar kedua sub-DAS tersebut tidak akan terjadi lagi,” kata Kadis LHK Aceh.

Acara di Kecamatan Putri Betung kemarin juga dirangkai dengan Deklarasi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser dan Kawasan Penyangga.(nas) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id