Anak Bergizi Buruk Masih Dirawat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Anak Bergizi Buruk Masih Dirawat

Anak Bergizi Buruk Masih Dirawat
Foto Anak Bergizi Buruk Masih Dirawat

SIGLI – Afdhal (8), anak gizi buruk asal Gampong Meunasah Baro, Kemukiman Ujung Rimba, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie, masih dirawat di Ruang Anak RSU Tgk Chik Ditiro Sigli, Jumat (15/9).

Untuk diketahui sebelumnya, Tim Public Safety Centre (PSC) 119, Kamis (7/9) pekan lalu, menjemput seorang anak warga Gampong Meunasah Baro, Kemukiman Ujung Rimba, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie, bernama Afdhal (8). Bocah ini sudah tujuh tahun terbaring di ranjang akibat menderita gizi buruk dan lumpuh sejak berusia 11 bulan.

“Anak ketiga pasangan Bukhari/Itawani ini dibawa ke RSU Tgk Chik Ditiro Sigli, Selasa (12/9), untuk menjalani perawatan yang akan ditangani langsung oleh dokter spesialis anak di RS tersebut,” kata Ketua PSC 119 Dinas Kesehatan Pidie, dr Dwi Wijaya, Jumat (15/9).

Untuk sementara, sebut Dwi, pihak medis melakukan pemulihan fisik si anak yang badannya cuma berbalut tulang. Memberi makanan bergizi dan minuman sehat guna mengembalikan berat badannya agar kembali normal.

Sejauh ini, pemulihan dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis anak. Afdhal butuh penanganan medis guna mengembalikan kesehatannya Penderitaan Afdhal berawal dari demam yang dideritanya saat berusia sebelas bulan. Ia sempat dirawat di rumah sakit, namun kemudian dibawa pulang oleh orang tuanya.

Setelah itu, kondisi tubuhnya terus menurun. Berat badannya menyusut, yang hingga kini memiliki berat 8,7 Kg. Sejak saat itu dia hanya bisa terbaring lemah sampai usianya kini 8 tahun.

Mengutip keterangan dokter yang ikut menjemputnya, gizi buruk yang diderita Afhdal adalah jenis marasmus, yakni keadaan dimana seorang anak mengalami kekurangan energi dan protein akibat asupan makanan yang sangat kurang. Bisa juga disebabkan infeksi, pembawaan lahir, prematuritas, atau akibat buruknya kualitas kesehatan di sekitar lingkungan tempat tinggal.(aya) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id