RSJ Aceh Jemput Pasien Pasung | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

RSJ Aceh Jemput Pasien Pasung

RSJ Aceh Jemput Pasien Pasung
Foto RSJ Aceh Jemput Pasien Pasung

MEULABOH – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh, Jumat (15/9) menjemput dua pasien gangguan jiwa berat yang selama ini dipasung di Aceh Barat. Namun dari empat yang direncana akan dibawa untuk dirawat di RSJ Aceh, hanya dua orang yang berhasil. Sementara dua pasien jiwa lainnya ditolak keluarga serta seorang lagi malah menghilang ketika akan dibawa karena selama ini tanpa keluarga yang menjaga.

Penjemputan pasien jiwa yang dipasung di Aceh Barat dipimpin Direktur RSJ Aceh dr Amren Rahim didampingi Kadis Kesehatan Aceh Barat dr Zafril Luthfy. Penjemputan dimulai pukul 15.00 WIB diawali dengan pasien bernama Dahlan Bisu (37) warga Desa Cot Buloh Kecamatan Arongan Lambalek dan Nyak Ali (38) warga Desa Peulante Arongan Lambalek. Kedua pasien dibawa ke mobil ambulans untuk dibawa ke RSJ Aceh di Banda Aceh.

Dua pasien lain yang akan dijemput Hasan Basri (46) warga Kulan Kaju Kecamatan Woyla Barat tidak diizinkan keluargannya serta seorang lagi Hasbi (39) warga Ule Pulo Kecamatan Woyla Barat ketika akan dibawa malah tidak berada di tempat karena selama ini berkeliaran, seorang lagi Mutia (34) warga Peulante Kecamatan Bubon dirawat di Balai Zaitun RS Cut Nyak Dhien Meulaboh. Kadiskes Aceh Barat dr Zafril Luthfy mengatakan jumlah pasien jiwa yang mengalami gangguan berat sebanyak lima orang dan sudah meminta bantuan kepada RSJ Aceh untuk dirawat.

Sementara itu Direktur RSJ Aceh dr Amren Rahim didampingi Kepala Humas Azizurahman MM mengatakan penjemputan pasien jiwa yang dipasung di Aceh Barat merupakan perintah langsung Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. “Ini prioritas Pak Gubernur agar Aceh terbebas dari pasung. Pasien yang dijemput ini dibawa ke RSJ Aceh,” jelasnya. Dikatakannya terhadap yang belum berhasil dibawa ke RSJ Aceh akan terus diupaya agar mendapat izin dari keluarga.(riz) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id